Sukses

Namanya Dicatut untuk Selebaran Hoaks Covid-19, Media Inggris Geram

Liputan6.com, Jakarta - Media online asal Inggris, Birmingham Live membantah telah menyebarkan selebaran palsu terkait covid-19. Mereka berharap masyarakat tak begitu saja percaya dengan selebaran tersebut.

Dalam selebaran itu disertakan logo Birmingham Live lengkap dengan tampilan seperti websitenya. Di bawahnya terdapat artikel hoaks tentang tes covid-19.

Selain itu selebaran tersebut mengajak masyarakat untuk tidak mau ikut dalam tes covid-19 massal yang diadakan pemerintah.

"Jujur ini sangat mengerikan, orang-orang menyalahgunakan logo kami untuk mempromosikan hoaks seperti itu. Padahal kami telah melihat dan melaporkan langsung bagaimana petugas medis menyelamatkan masyarakat selama pandemi covid-19," ujar salah satu editor Birmingham Live, Graeme Brown dilansir HTFP.

"Pesan kami adalah kita harus selalu mendengarkan anjuran dari pemerintah dan tenaga medis profesional selama pandemi covid-19 ini. Semoga semuanya baik-baik saja," ujarnya menambahkan.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Resah

Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Birmingham juga sangat kecewa dengan adanya selebaran palsu itu. Mereka menduga selebaran sengaja diedarkan untuk menimbulkan keresahan.

"Selebaran itu sepertinya dibuat untuk mempromosikan ketakutan dan membuat seseorang tak percaya pada covid-19. Tentu ini sangat berbahaya," ujar Direktur Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Birmingham, dr Justin Varney.

"Sangat menyedihkan karena hoaks seperti ini terus beredar. Jika yang beredar adalah informasi yang benar maka mungkin ada nyawa yang terselamatkan," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: