Sukses

Benarkah Paris Hilton Penemu Selfie di Dunia? Simak Penelusurannya

Paris Hilton mengklaim fotonya bersama Britney Spears pada tahun 2006 sebagai swafoto pertama yang ada di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Sosialita sekaligus aktris ternama dunia, Paris Hilton mengunggah foto bersama penyanyi Britney Spears di Twitter. Paris Hilton selalu mengunggah foto itu setiap tahunnya.

Foto itu diabadikan pada tahun 2006. Paris Hilton mengklaim fotonya bersama Britney Spears sebagai swafoto pertama yang ada di dunia.

"14 tahun lalu, Britney Spears dan saya menemukan selfie," kicau Paris Hilton di akun Twitter pribadinya pada 20 November 2020.

Foto dan keterangan yang sama juga diunggah Paris Hilton di setiap tahunnya. Ketika mengunggah foto itu, dia selalu mengklaim sebagai penemu selfie di dunia.

Lalu, benarkah klaim Paris Hilton yang menyebut dirinya sebagai penemu swafoto?

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penelusuran Fakta

Menurut penelusuran Snopes.com dalam artikelnya: "Did Paris Hilton and Britney Spears Invent the Selfie in 2006?", Paris Hilton bukanlah orang pertama yang melakukan selfie di dunia.

Snopes menyebut foto yang diambil seorang ahli kimia amatir, Robert Cornelius pada 1839, merupakan orang pertama yang melakukan selfie.

"Cornelius memasang kameranya di bagian belakang toko keluarga di Philadelphia. Dia mengambil gambar dengan melepas penutup lensa dan kemudian berlari ke bingkai di mana dia duduk selama satu menit sebelum menutup lensa lagi. Di bagian belakang dia menulis 'Gambar Cahaya Pertama yang Pernah Dipotret. 1839'," begitu bunyi keterangan di Snopes.

Ada juga sumber lain menyebut pada tahun 1934, sudah ada orang yang mengambil foto menggunakan tongsis (tongkat narsis).

Bahasan yang sama juga pernah dimuat oleh The New York Times dalam artikel berjudul: "Paris Hilton Said She Invented the Selfie. We Set Out to Find the Truth". Artikel ini dipublikasikan pada 20 November 2017.

Untuk membuktikan klaim dari Paris Hilton, The New York Times menghubungi Mark Malino, seorang profesor di University of Southern California. Malino merupakan dosen yang mengajarkan selfie sebagai cara untuk mengeksplorasi identitas.

"Tunggu. Argumennya adalah, tidak ada yang pernah mengambil dan memposting selfie sebelum mereka?" kata Malino.

Kemudian Malino menyebut nama Robert Cornelius, tahun 1839, mengambil foto yang disebut sebagai selfie pertama.

Malino juga mengatakan, selfie mulai populer pada tahun 2002, sekitar empat tahun Paris Hilton dan Britney Spears melakukan swafoto.

Selain itu, The New York Times juga menghubungi manajemen Paris Hilton dan Britney Spears. Namun, kedua pihak itu tidak memberikan jawaban atas klaim Paris Hilton yang menyebut dirinya sebagai penemu selfie.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.