Sukses

Cek Fakta: Disinformasi Video Buaya di Pemukiman Warga India saat Banjir 2020

Pada 29 Agustus lalu, akun Facebook atas nama Rooh Jinnat Shayaten Aik Haqeeqat mengunggah video buaya berada di pemukiman warga saat banjir.

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial Facebook dihebohkan dengan keberadaan hewan reptil, buaya di tengah-tengah pemukiman saat dilanda banjir. Dalam sebuah video, buaya itu berada di jalan dan mengejar seorang warga.

Pada 29 Agustus lalu, akun Facebook atas nama Rooh Jinnat Shayaten Aik Haqeeqat mengunggah video buaya berada di pemukiman warga saat banjir. Video itu menjadi viral karena sudah dilihat lebih dari 4,5 ribu kali.

Begini narasi yang dia buat untuk video tersebut:

"Crocodile in the street......"

Sayangnya, Rooh Jinnat Shayaten Aik Haqeeqat tidak menyebutkan lokasi kejadian tersebut. Namun, beberapa komentar menyebut kejadian tersebut berada di Hyderabad, India karena sudah viral.

Lalu, benarkah video buaya berada di pemukiman warga saat banjir melanda Hyderabad, India?

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kebenaran tersebut menggunakan pencarian gambar terbalik di Google. Hasilnya menyebut kalau video tersebut memang asli.

Namun, seperti hasil penelusuran yang mengarahkan ke situs berbagi video, YouTube, video tersebut sudah beredar di internet sejak 31 Agustus 2019. Adalah pemiik channel DeshGujarat, outlet berita lokal di negara bagian Gujarat, India barat yang pertama kali mengunggah video tersebut. (Klik tautan ini untuk melihat video asli)

DeshGujarat memberi video itu judul (sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia): "Buaya liar ditangkap oleh yayasan Agniveer Pranin saat banjir Vadodara". Yayasan Agniveer Pranin adalah organisasi penyelamat hewan non-pemerintah di India.

Hasil penelusuran juga mengarahkan ke akun Twitter kepolisian Hyderabad pada 15 Oktober 2020. Mereka mengklarifikasi video tersebut berasal dari Vadodara, bukan Hyderabad, pada Agustus 2019.

Kantor berita AFP juga membantah video tersebut. Dalam artikel yang mereka publikasikan pada 23 Oktober 2020 dengan judul: "No, this footage has circulated since 2019 in reports about a crocodile in west India".

Disebutkan dalam artikel tersebut, video buaya berada di pemukiman warga saat banjir melanda di India bukan kejadian di Hyderabad, melainkan Vadodara. Video itu sudah berada di internet sejak 31 Agustus 2019.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang menyebut buaya berada di pemukiman warga saat banjir melanda Hyderabad, India pada 2020 adalah salah. Faktanya, itu merupakan kejadian di Vadodara, India pada 31 Agustus 2019.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini