Sukses

Polisi Tangkap Pembuat Hoaks Korban Tewas Saat Demo di DPRD Kalbar

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Polda Kalimantan Barat menangkap pelaku pembuat hoaks yang menyebutkan ada kabar orang meninggal akibat kekerasan aparat pascademo menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja pada 8 dan 9 Oktober 2020 di Gedung DPRD Kalbar.

"Tim siber juga mengamankan seorang pria berusia EB (49) yang memberikan komentar atau informasi hoaks di salah satu postingan video kegiatan demo kemarin," ungkap Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Donny Charles Go seperti dilansir dari Antara, Rabu (14/10/2020).

Donny menambahkan, pelaku masih diperiksa penyidik di Polda Kalbar. Selain itu, penyidik juga masih meminta keterangan saksi ahli bahasa.

"Pelaku saat ini di tahan oleh Subdit Siber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kalbar, karena menerangkan atau membagikan berita bohong yang tidak sesuai fakta," tutur Donny.

Donny menyebut, untuk mengantisipasi beredarnya informasi hoaks yang dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, pihaknya meningkatkan kegiatan patroli siber.

Donny juga mengajak masyarakat Kalbar untuk bijak dalam menggunakan media sosial dan tidak mudah terprovokasi dan turut menyebarkan ketika menerima informasi yang belum jelas kebenarannya.

 

2 dari 2 halaman

Simak video pilihan berikut ini: