Sukses

Cek Fakta: Benarkah Dalam Foto Ini Wisuda 4 Ribu Siswa di Sarajevo? Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com menemukan foto yang diklaim sebagai acara wisuda 4 ribu siswa penghafal Alquran atau hafiz di Sarajevo Bosnia.

Foto yang diklaim sebagai acara wisuda 4 ribu hafiz di Sarajevo Bosnia tersebut diunggah akun Facebook Fade Umar, pada 12 September 2020.

Foto yang diunggah menampilkan sejumlah orang sedang membentuk barisan, terdiri dari satu barisan perempuan yang mengenakan seragam hijau dan kerudung coklat, serta barisan lelaki mengenakan jas abu-abu dilengkapi dengan dasi. Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Acara Wisuda 4000 Hafidz Al-Qur'an di Sarajevo

, Bosnia...👀👍✍️

bagaimana ini kalau terjadi di @+62 apa kata

Menag...???!!! ..😱🙈

ini sangat berBahaya...

Kalimat ...HTI, KILAFAH, RADIKAL &

RADIKUL...keluar tuh

Badannya pada Kepanasan...😅🤣😂😎"

Benarkah foto tersebut acara wisuda 4 ribu hafiz di Sarajevo Bosnia? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto wisuda 4 ribu hafiz di Sarajevo Bosnia, dengan menggunakan Google Image.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto wisuda 4 ribu hafiz di Sarajevo Bosnia

 

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul

"صورة الطلاب البوسنيين ليست في سراييفو، وعددهم لا يتعدى 101" yang dimuat situs misbar.com, pada 26 Juli 2020.

Situs tersebut memuat foto yang identik dengan klaim foto acara wisuda 4 ribu hafiz di Sarajevo Bosnia.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto wisuda 4 ribu hafiz di Sarajevo Bosnia

Artikel situs misbar.com menjelaskan, foto wisudawan tersebut merupakan siswa Sekolah Chei Ibrahim Pasha yang letaknya bukan di Sarajevo, melainkan terletak di Travnik, yang berjarak sekitar 91 km dari ibu kota, Sarajevo, dan gambar yang beredar merupakan prosesi lulusan kelas 253, tanggal 12 Juli, yang tidak melebihi 101 siswa.

Penelusuran tersebut juga menemukan jumlah hafalan Alquran di Sekolah Cheikh Ibrahim Pasha tidak melebihi lusinan sejak 1994 hingga 2012, menurut apa yang dikatakan oleh Dr. Ahmed Adelovich, seorang profesor di yayasan tersebut, dalam wawancara sebelumnya yang diterbitkan di situs web Kementerian Wakaf dan Urusan Islam Kuwait.

Penelusuran dilanjutkan dengan Google Search kata kunci'خريجو مدرسة إبراهيم إلش باشا البوسنة' , penelusuran mengarah pada artikel berjudul "أ يادي تركية تعيد الحياة لمدرسة بوسنية من القرن الثامن عشر" yang dimuat situs dailysabah.com, pada 3 Desember 2019.

Artikel situs dailysabah.com menyebutkan Sekolah Islam "Elji Ibrahim Pasha" di Bosnia dan Herzegovina, yang dimulai pada abad kedelapan belas. Sekolah sejarah terletak di Travnik, sekitar 90 km sebelah barat Sarajevo.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim sebagai acara wisuda 4 ribu hafiz di Sarajevo Bosnia tidak benar.

Foto tersebut merupakan acara wisuda siswa Sekolah Chei Ibrahim Pasha yang letaknya di Travnik,  berjarak sekitar 91 km dari ibu kota, Sarajevo. Jumlah siswa yang di wisuda pun tidak mencapai 4 ribu.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.