Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Jutaan Warga Jerman Turun ke Jalan Tolak Virus Corona

Beredar foto yang diklaim aksi jutaan warga Jerman turun ke jalan menolak virus sepele. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim sebagai aksi jutaan warga Jerman turun ke jalan menolak kemerdeekaannya dirampas oleh virus corona Covid-19 beredar di media sosial. Foto ini diunggah akun Facebook Abi Ridwan pada 4 Agustus 2020.

Dalam foto tersebut, tampak kerumunan orang memadati sebuah jalanan. Foto tersebut diambil dari ketinggian dan terlihat warga memadati seluruh jalanan.

Akun Facebook Abi Ridwan kemudian mengaitkan foto tersebut dengan aksi jutaan warga Jerman yang turun ke jalan menolak virus corona Covid-19.

"1 Agustus 2020, jutaan warga Jerman turun ke jalan menolak kemerdekaannya dirampas dengan dalih virus sepele. Kenapa menolak wajib masker? Karena jika menerimanya begitu saja, maka kita akan dipertemukan dgn kewajiban baru lagi; wajib vaksin. Jika wajib vaksin berhasil maka akan disusul dgn wajib ini wajib itu hingga kita benar-benar 100% di bawah kontrol "mereka".

Foto ini asli. Diunggah oleh seorang Dokter yg masih PUNYA OTAK @drtenpenny. Dan jika kalian anggap diksi yg saya tulis di atas hanyalah khayalan tanpa data, silakan cek unggahan2 Jendral @pongrekundharma88 dari Divisi Siber Indonesia

Oh iya, Foto/video demo di Jerman TIDAK AKAN kita temui di media2 mainstream karena MSM dikontrol oligarki global pendukung skema CV19," tulis akun Facebook Abi Ridwan.

Konten yang diunggah akun Facebook Abi Ridwan telah 4 kali dibagikan dan mendapat 17 komentar warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim sebagai aksi jutaan warga turun ke jalan menolak kemerdeekaannya dirampas oleh virus corona Covid-19. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tersebut ke situs Google Reverse Image.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai foto tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Photo doesn’t show COVID-19 protest crowd in Germany. It's from a techno parade in Switzerland" yang dimuat situs politifact.com pada 3 Agustus 2020.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari situs politifact.com

Dalam situs tersebut dijelaskan bahwa foto tersebut bukan menggambarkan aksi jutaan warga Jerman turun ke jalan menolak virus sepele. Foto tersebut diambil pada 10 Agustus 2019 di Zurich, Swiss. Foto itu merupakan acara Street Parade ke 28 yang digelar pada 2019 lalu.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim sebagai aksi jutaan warga turun ke jalan menolak kemerdeekaannya dirampas oleh virus sepele ternyata tidak benar. Foto yang diunggah akun Facebook Abi Ridwan adalah foto acara Street Parade ke 28 yang digelar di Zurich, Swiss pada 2019 lalu. Foto tersebut tidak ada hubungannya dengan virus corona Covid-19.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini