Sukses

Cek Fakta: Hoaks Foto Megawati Lakukan Ini ke Jokowi di Panggung

Liputan6.com, Jakarta- Beredar foto Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memegang kemaluan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di atas panggung.

Klaim tersebut diunggah akun Facebook Tuminem Paijo, pada 4 Agustus 2020.

Unggahan tersebut tersebut berupa foto tangkapan layar unggahan foto oleh akun Facebook Sinta Atmaja.

Foto yang diunggah memperlihatkan Jokowi sedang memegang pengeras suara serta Megawati yang tangan kirinya sedang memegang pengeras suara dan tangan kanannya memegang kemaluan lelaki tersebut, keduanya terlihat sedang berada di atas panggung.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Ayo ayo kita viralkan. Semoga cepat mewek orang ini".

Benarkah klaim foto Megawati memegang kemaluan Presiden Jokowi di atas panggung? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Megawati memegang kemaluan Jokowi di atas panggung, dengan menjadikan foto tersebut sebagai bahan penelusuran menggunakan Yandex.

klaim foto Megawati memegang kemaluan Jokowi

 

 Penelusuran mengarah pada situ co.pinterest.com dengan nama akun Dangdut Bizzare, dalam situs tersebut memuat foto yang komposisinya identik dengan foto klaim.

klaim foto Megawati memegang kemaluan Jokowi di atas panggung

 

Namun, terdapat perbedaan wajah pada sosok lelaki dan perempuan dalam foto tersebut, bukan wajah Jokowi dan Megawati.

Penelusuran dilanjutkan dengan menangkap layar pada bagian wajah Jokowi untuk dijadikan bahan pencarian menggunakan Google Image.

klaim foto Megawati memegang kemaluan Jokowi di atas panggung

 

 Penelusuran mengarah pada situs pinterest.com. 

Situs tersebut memuat foto Jokowi dengan ekspresi yang identik dengan foto klaim, foto tersebut bersumber dari Harian Terbit.

 

klaim foto Megawati memegang kemaluan Jokowi di atas panggung

 Berikut keterangan foto tersebut:

"Sidak ke RSUD DR M Djamil Padang Jokowi: Rumah Sakit Yang Ngeluh : Presiden Joko Widodo menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke rumah sakit umum daerah (RSUD) DR M Djamil Padang Sumatera Barat Selasa (12/4/2016)".

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim foto Megawati memegang kemaluan Jokowi tidak benar, foto tersebut merupakan hasil editan dari sejumlah foto yang dijadikan satu.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.