Sukses

Cara Mengecek Kebenaran Informasi Covid-19

Berikut cara mengecek kebenaran informasi terkait Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta- Informasi terkait virus corona baru (Covid-19) sangat penting bagi masyarakat agar bisa mengetahui perkembangannya, namun informasi yang beredar tidak semuanya benar bahkan ada yang menyesatkan.

Cek Fakta Liputan6.com telah merangkum berbagai sumber untuk mengetahui cara mengecek kebenaran informasi terkait Covid-19.

Dikutip dari situs telkomsel.com, World Health Organization (WHO) bekerjasama dengan WhatsApp dan Facebook merilis layanan pesan instan berisi informasi yang berguna untuk melindungi kita dari virus Corona. Selain informasi mengenai berita terkini dan tips kesehatan, layanan ini juga menyediakan fitur cek kebenaran informasi mengenai virus Corona.

Caranya, cukup menyimpan nomor +41794752209 di ponsel kamu, kemudian ketik “Hi” untuk mulai perbincangan di WhasApp.

Setelah mendapat jawaban, pilih menu nomor 4 “Mythbusters”. Dalam waktu singkat, akan didapatkan sejumlah fakta kesehatan tentang virus Corona.

Selain itu, cara lainnya juga bisa mengecek fakta selengkapnya di situs resmi WHO who.int.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Chatbot WhatsApp U-Report UNICEF Indonesia

Selain WHO, The United Nations Children's Fund (UNICEF) Indonesia juga menyediakan layanan U-Report, yang merupakan wadah komunikasi dari UNICEF agar anak muda bisa mendapat informasi dan menyuarakan pendapatnya.

Saat ini U-Report digunakan sebagai salah satu portal informasi dari UNICEF untuk memberikan info akurat tentang virus Corona.

Untukmengecek kebenaran informasi mengenai virus Corona dengan langkah-langkah berikut:

1. Klik tautan: https://bit.ly/infocovid-19 yang akan membawamu ke WhatsApp U-Report atau simpan nomor WhatsApp U-Report: +628119004567

2. Kirim pesan di WhatsApp U-Report: coronaJika ini pertama kalinya kamu mengakses wadah U-Report, kamu perlu memberikan tiga info singkat: usia, jenis kelamin, dan kota domisili yang dibutuhkan untuk pemetaan profil responden yang telah mengakses data ini

3. Pilih menu F mengenai misinformasi seputar virus Corona yang baru

3 dari 4 halaman

Megunjungi Situs Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu.  

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini