Sukses

Cek Fakta: Hoaks Surat Rekrutmen Pegawai PLN Lulusan SLTA hingga S1 Tahapan 2020

Beredar surat rekrutmen pegawai PLN lulusan SLTA hingga S1 tahapan 2020, simak faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Beredar surat rekrutmen pagawai PT PLN (Persero) untuk lulusan setingkat SLTA hingga strata satu (S1) tahapan 2020.

Dalam surat tersebut menyebutkan, proses rekrutmen dibuka hingga 5 Juli 2020. Pendaftaran dilakukan melalui email rekrutmen.pln@email.com.

Adapun penempatan pegawai pada lowongan kerja tersebut adalah teknik mesin, industri, sipil, elektro, dan metalurgi. Sedangkan yang non teknis adalah administrasi, call center, customer service, manajemen dan sekertaris.

Benarkah rekrutmen pagawai PLN untuk lulusan setingkat SLTA hingga S1? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim rekrutmen pagawai PLN untuk lulusan setingkat SLTA hingga S1 tahapan 2020, dengan mengunjungi saluran komunikasi remsi PLN.

Penelusuran mengarah pada akun Instagram resmi PLN @pln_id yang menggunggah pemberitahuan tentang penipuan mengatasnamakan PLN, pada 30 Juni 2020.

Pemberitahuan tersebut mengunggah foto surat yang identik dengan klaim rekrutmen pagawai PLN untuk lulusan setingkat SLTA hingga S1 tahapan 2020 kemudian dilabeli tulisan "hoax".

Berikut isi unggahan tersebut:

Electrizen,Hati-hati upaya penipuan yang mengatasnamakan Rekrutmen PLN.

Perhatikan tips-tips dari kami agar bisa mengenali penipuan rekrutmen dari orang yang tidak bertanggung jawab

_1. Informasi dan pendaftaran tentang rekrutmen PLN hanya melalui: rekrutmen.pln.co.id

_2. PLN tidak pernah bekerjasama dengan biro perjalanan manapun. PLN juga tidak pernah memungut biaya selama rekrutmen.

_3. Konfirmasi ke kantor PLN terdekat bila ada informasi yang meragukan seputar rekrutmen PLN.

_4. Laporkan ke pihak kepolisian akun email/nomor kontak yang ada di surat pemberitahuan, jika anda/kerabat anda ada yang tertipu.

_Mohon sebarkan informasi ini, share dan tag teman & kerabat kalian agar tidak ada lagi korban pada penipuan-penipuan selanjutnya.

#PowerBeyondGenerations

#ListrikUntukRakyat

#ListrikUntukSemua

#BUMNUntukIndonesia

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim rekrutmen pegawai PLN untuk lulusan setingkat SLTA hingga S1 tahapan 2020 ternyata tidak benar. Pihak PLN telah membantah kabar tersebut dan memperingatkan masyarakat berhati-hati atas penipuan dengan modus rekrutmen pegawai PLN.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini