Sukses

Cek Fakta: Viral Video Sepeda Motor Terbakar karena Hand Sanitizer, Benarkah?

Beredar sebuah video sepeda motor terbakar yang diklaim karena hand sanitizer. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Video sepeda motor terbakar yang diklaim karena hand sanitizer beredar di media sosial. Video ini disebarkan oleh akun Facebook Info Seputar Wedi pada 19 Juni 2020 lalu.

Akun Facebook Info Seputar Wedi mengunggah video terbakarnya satu unit sepeda motor di pinggir jalan. Akun Facebook Info Seputar Wedi mengklaim, kebakaran tersebut disebabkan oleh hand sanitizer yang disimpan di bagasi motor tersebut.

"hanya mengingatkan bagi sedulur yang membawa hand sanitizer,

tempat kejadian di Kkb Gajah Mada Pakualaman,dikarenakan menaruh hand sanitizer di jok motor," tulis akun Facebook Info Seputar Wedi.

Video yang disebaran akun Facebook Info Seputar Wedi telah 100 kali lebih ditonton dan mendapat 6 komentar warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video sepeda motor terbakar yang diklaim karena hand sanitizer beredar di media sosial. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Google Reverse Image dan Yandex. Namun tidak ditemukan video serupa.

Penelusuran selanjutnya dilakukan dengan menghubungi Kabid Humas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kombes Yulianto. Ia mengungkapkan bahwa peristiwa terbakarnya motor tersebut bukan karena hand sanitizer.

"Bukan. Salah itu, bukan karena hand sanitizer," ungkap Yulianto kepada Liputan6.com, Senin (22/6/2020).

Menurut Yulianto, peristiwa tersebut terjadi pada Kamis 18 Juni 2020 di Jalan Gajah Mada, Yogyakarta. Sehari sebelum kejadian, sepeda motor tersebut sempat ganti oli dan air radiator. Selain itu, pemilik sempat menggunakan sepeda motor tersebut ke daerah Timoho, Yogyakarta.

Namun, saat hendak pulang tepatnya di Jalan Gajah Mada, sepeda motor tersebut tersendat. Tak lama berselang, muncul asap dari bagian mesin motor tersebut. Pemilik berusaha memadamkan asap dengan menyiramkan air. 

Nahas, motor tersebut malah mengeluarkan api hingga membakar seluruh sepeda motor. Hingga akhirnya, api berhasil dipadamkan oleh seorang warga dengan alat pemadam kebakaran.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video sepeda motor terbakar yang diklaim karena hand sanitizer ternyata tidak benar. Motor tersebut terbakar murni karena korsleting listrik.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini