Sukses

Cek Fakta: Informasi Viral Minyak Kayu Putih Obat Covid-19 Ini Bukan Tulisan Asli dr Indrianti Idrus

Beredar klaim tulisan dr Indrianti Idrus tentang minyak kayu putih dapat menyembuhkan pasien Covid-19, simak faktanya.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar klaim tulisan dr Indrianti Idrus tentang minyak kayu putih dapat menyembuhkan pasien virus corona baru (Covid-19).

Klaim tersebut tersebar berantai melalui aplikasi pesan WhatsApp.

Berikut isinya:

"Mulai skrang jgn mau ditakut2 ti Covid 19..dan jgn keburu minta dites..Tolong ini di baca baik2 sampai selesai...

Ini tulisan anaknya Prof Idrus Paturusi namanya dr Indrianti Idrus, Sp.KK

INFO INI SEMOGA BERMANFAAT🌹

P E N T I N G !!🌺 Bahwa

MINYAK KAYU PUTIH BISA MENGHAMBAT REPLIKASI VIRUS.💞

Prof. Idrus Paturusi.

LAWAN COVID-19 Minyak KAYU PUTIH. Prof Idrus Paturusi UNIVERSITAS HASANUDDIN

Oleh : Dr. Idrianti Idrus Sp.KK

Kisah Nyata.. Setelah di Vonis Positif COVID-19, Ayahku Langsung Masuk ke Ruang isolasi RS. Unhas di Temani Ibu. Pada hari ke dua atau hari ke tiga, saya di Sarankan oleh Sahabat Ayahku Dr. Murni, Sp.B. agar Bapak di Berikan Minyak Kayu Putih.

Ibu ku Memang Pecinta Minyak Kayu Putih dan Minyak Tawon dari dulu dan rajin Menggosokan Minyak Minyak ini di Tubuhnya. Ayahpun Sangat Suka dengan Minyak Kayu Putih karena Pengalamannya saat Kecil Selalu di Balur Minyak Kayu Putih. Jadi Masuk di Kamar isolasi pun Persediaan Minyak Kayu Putih Sudah ada.

Singkat Cerita, Ayah dan Ibu ku Memakai Minyak Kayu Putih Merasakan Dadanya Plong dan Lega.

Alhamdulillah.. Setelah Swab ke Tiga dan ke Empat, Ayahku Negatif dan Bisa Keluar dari RS. Akhirnya Banyak yang Telepon ke Ayahku, Termasuk Salah Satu Pejabat Pusat yang Kenal Dekat dan Ketika itu Hasil Rapid-Test nya Ayahku adalah Positif. Karena teman, Ayahku Memberitahukan Tentang Semua Pengobatan yang Ayah pakai yaitu Minyak Kayu Putih.

Saya Sempat Kesal pada orang-orang yang Menawarkan Berbagai Macam Obat dan Suplemen., Karena Tidak Semua Suplemen Bisa Menyembuhkan COVID-19.

Akan Tetapi saat ini banyak orang yang Memanfa'atkan Situasi ini dengan Menjual Suplemen atau Obat, yang Katanya : ini adalah Obat yang Paling Mujarab untuk Para Pasien COVID-19.Karena kami orang dari Akademisi, Tentu Harus Melakukan Beberapa Penelitian untuk Mendapatkan Suatu Terapi and its a Long Journey.

Akhirnya Ayahku Membentuk Team di Awal Bulan April 2020, Meneliti Efek dari Minyak Kayu Putih ini.Karena Minyak Kayu Putih Sangat Masuk Akal Bisa Menghambat Replikasi Virus.

Ayah pun Melakukan Sedikit Literature Review dan Mendapat Beberapa Jurnal Pendukung Kalau Minyak Kayu Putih ini, Ternyata Manfa'atnya Sangat Banyak.- Anti Bakteri.- Anti Jamur.- Bisa Menginaktivasi Airborne Virus.- 1,8-Cineol yang Merupakan Zat Aktif Minyak Kayu Putih bisa Sebagai Anti Inflamasi.- Kandungan Eucalyptus-nya Berfungsi Sebagai Ekspektoran, Mukolitik dan Decongestan.

Ketika Melakukan Pertemuan Melalui Zoom dengan Anggota Team Peneliti yang di Ketuai oleh Prof. Elly dari Farmasi. Maka kami Mendapatkan lagi Tambahan Beberapa Jurnal Pendukung bahwa :Unsur dari Kayu Putih yang Bernama Eucalyptus Bisa Bertindak Sebagai Anti Virus.

Penelitian kamipun Berjalan Sejak itu. Team kami Gabungan dari Para Dosen Unhas yang Berada di Makassar, Inggris, Jepang dan Korea Selatan.Sehingga Penelitian kami Menghasilkan Sesuatu yang Berguna untuk Para Pasien COVID-19.1. Ambil Minyak Kayu Putih Secukupnya, lalu di Balurkan ke Badan. Fungsinya Sebagai Penghangat Tubuh dan agar Lebih Fresh.2. Untuk Menangani orang yang Positif Covid-19. Caranya yaitu :- Tuangkan Minyak Kayu Putih Secukupnya ke Jari.- Letakkan jari tsb di Tengah Lidah.Lakukan satu hari 3 - 4 kali.Hasilnya : Orang yang Sudah Positif Covid-19, Insya Allah Negatif.3. Minum Teh Hangat yang Telah di Tetesi Satu Tetes Minyak Kayu Putih, lalu di Minum Selagi Hangat.Lakukan Sehari 2 - 3 kali.Semoga Bermanfa'at..🙏"

Benarkah klaim tulisan dr Indrianti Idrus tentang minyak kayu putih dapat menyembuhkan pasien Covid-19? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tulisan dr Indrianti Idrus tentang minyak kayu putih dapat menyembuhkan pasien Covid-19, menggunakan Google Search dengan kata kunci 'minyak kayu putih obat corona'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Ini Tulisan Asli dr Idrianti Putri Prof Idrus Terkait Corona dan Minyak Kayu Putih" yang dimuat situs makassar.tribunnews.com,pada 9 Juni 2020.

Artikel tersebut menyebutkan, dr. Indrianti melalui menceritakan sang ayah sembuh dari virus Covid-19 menggunakan minyak kayu putih.

Dalam tulisannya itu, dia menegaskan bahwa terapi tersebut masih dalam proses penelitian dan belum bisa dikatakan sebagai obat Covid-19.

Karena tulisannya viral di berbagai media, banyak oknum yang mengubah tulisannya tersebut.

Salah satunya adalah pesan berantai (broadcast) yang beredar di WhatsApp.

dr. Eche sapaan akrabnya mengatakan bahwa broadcast tersebut bukan tulisannya.

Dia mengatakan bahwa tulisannya banyak diubah.

"Bukan, Ini tulisan ku sudah banyak diubah," katanya.

Penelusuran kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi akun Instagram pribadi dr Indrianti Idrus @dr.eche_idrus.

Salah satu unggahnnya, pada 1 Juni 2020 berisi tentang pernyataan banyak yang menyebarkan tulisan tentang Prof Idrus dan minyak kayu putihnya, lalu kata-kayanya diubah dan ditambah.

Lewat unggahan tersebut dr Indrianti Idrus menyertakan tulisan aslinya, sebagai berikut:

Prof Idrus dan Minyak Kayu PutihnyaBy dr. Idrianti Idrus SpKK

Disclaimer: (Terapi ini masih dalam penelitian jadi belum bisa dikatakan kalau ini adalah obat CoVid 19)

Setelah di vonis Positif COVID 19 , Bapak langsung masuk ke Ruang Isolasi ditemani dengan belahan hatinya ibu sayaBanyak orang orang baik memberikan suplemen, kurma ajwa, madu herbal dan jamu racikan seorang dokter , termasuk adik adik bapak yang langsung ke Makassar membawakan SuplemenHari kedua atau hari Ketiga Bapak di ruang isolasi , saya ditelp oleh sahabat beliau dr. Murni SpB dan menyarankan agar bapak diberikan Minyak Kayu Putih

FYI , ibu saya memang pecinta minyak kayu putih dan minyak tawon sedari dulu , dan rajin menggosokan minyak minyak ini di tubuhnya . Dan Bapakpun sangat suka dgn minyak kayu putih karena pengalamannya saat kecil selalu di balur minyak kayu putih sejak masih kecilJadi masuk di kamar isolasi pun persediaan minyak kayu putih sudah ada .

Singkat cerita Bapak dan Mama memang sudah memakai minyak Kayu putih dan memang merasakan dada nya makin plong dan lega .Alhamdulillah setelah swab ke tiga dan ke empat bapak negatif , bisa keluar RSdan akhirnya banyak yang telp Bapak, termasuk salah satu pejabat pusat yg kenal sangat dekat dan ketika itu hasil rapid beliau Positif .Karena teman, Bapak beritahukan ttg semua pengobatan dan suplemen yang bapak pakai ...termasuk minyak kayu putih ini ....

Saya sempat kesal krn semua suplemennya ini belum tentu bisa menyembuhkan covid 19 , tetapi banyak yang memanfaatkan situasi dan mengklaim kalau ini suplemen tsbt adalah obat covid 19. Karena kami akademisi jadi tentunya harus melakukan beberapa penelitian tertentu untuk mendapatkan suatu terapi and its a long journey.

Akhirnya Bapak membentuk tim di Awal bulan April 2020 ini untuk meneliti efek Minyak kayu putih ini , karena bagi Bapak sangat masuk akal kalau minyak kayu putih bisa menghambat replikasi virus , Bapak pun melakukan sedikit literature review dan mendapat beberapa jurnal pendukung kalau minyak kayu putih ini, ternyata manfaatnya sangat banyak. Selain mempunyai efek sebagai antibakteri, anti jamur, ternyata juga bisa menginaktivasi airborne virus.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan Klaim

Klaim tulisan dr Indrianti Idrus tentang minyak kayu putih dapat menyembuhkan pasien Covid-19 telah diubah dan ditambah.

Saat ini masih dilakukan penelitian tentang terapi minyak kayu putih sebagai obat Covid-19 sehingga belum bisa dikatakan minyak kayu putih bisa dijadikan obat Covid-19.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini