Sukses

Simak Ciri-Ciri Iklan Kesehatan Hoaks

Beragam pemasangan iklan dan publikasi kesehatan pada berbagai media, namun tidak semuanya benar. Simak ciri-ciri iklan kesehatan hoaks

Liputan6.com, Jakarta- Beragam pemasangan iklan dan publikasi kesehatan mudah ditemukan, baik di media cetak, elektronik dan media digital. Misalnya, sering ditemukan berbagai iklan pengobatan tradisional dan alternatif, talkshow kesehatan, obat, perbekalan kesehatan dan rumah tangga (PKRT) hingga produk yang mengklaim bermanfaat kesehatan.

Iklan tersebut pun tidak seluruhnya bisa dipertanggungjawabkan, beredarnya hoaks iklan dan publikasi kesehatan yang menyesatkan akan merugikan masyarakat karena memberikan informasi keliru dan berita bohong.

Dikutip dari artikel "Kemenkes: Iklan Kesehatan Hoax tak Bisa Dibiarkan" yang dimuat liputan6.com, iklan hoax dapat dicirikan, di antaranya disampaikan secara berlebihan dan bersifat superlatif. Kemudian ada testimoni pengguna atau klien dan hadirnya dokter yang tertindak sebagai endorser.

Biasanya pengiklan mengklaim proses pengobatan atau produk obat yang dijual bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Padahal, proses penyembuhan tergantung kondisi tubuh dan penyakit yang diderita. Semua proses penyembuhan dan obat atau alat yang digunakan tidak bisa disamaratakan.

Selain itu, terkait obat herbal terlebih dahulu dibuktikan secara ilmiah keamanannya. Di antaranya perlu uji toksisitas akut, kronik, dan teratogenik.

Obat herbal juga perlu diuji dosis, cara penggunaan, efektivitas, monitoring efek samping, dan interaksi dengan senyawa obat lain.

Iklan hoaks biasanya memberi kesan ilmiah melalui gambar, video dan grafis berupa anatomi tubuh dan penyakit. Iklan ini memanipulasi keawaman penonton dengan sengaja menimbulkan kekhawatiran pada penyakit tertentu.

Iklan dan publikasi kesehatan tersebut tidak saja melanggar peraturan perundang-undangan dan etika pariwara, konsumen yang percaya akan tersesat dan bisa mendapatkan dampak buruk yang tak diinginkan.

Alih-alih mendapatkan manfaat, sebaliknya konsumen tersesat dengan informasi keliru dan mendapatkan kerugian materi dan non materi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini