Sukses

Cek Fakta: Hoaks Video yang Diklaim Penampakan Iblis di Gereja Vatikan

Video mahluk bersayap yang diklaim sebagai penampakan iblis sedang menaiki atap gereja Vatikan. Jangan buru-buru percaya, cek faktanya!

Liputan6.com, Jakarta- Sebuah video yang menampilkan sosok mahluk bersayap, yang diklaim sebagai iblis sedang menaiki atap gereja, beredar di media sosial.

Salah satu pengunggah video tersebut adalah akun Facebook Zendy Desta, pada 29 Maret 2020.

Pada unggahan video tersebut, akun Facebook Zendy Desta memberikan keterangan "Ketika iblis tertangkap kamera disebuah gereja di Vatikan".

Benarkah sosok dalam video tersebut iblis di sebuah gereja di Vatikan? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim iblis di Gereja Vatikan menggunakan Google Reverse Image, hasil penelusuran mengarah pada artikel berjudul अमेरिकी नागरिक द्वारा यूट्यूब पर अपलोड हॉरर वीडियो क्लिप धर्म संप्रदाय पर हमले की बताकर हुई शेयर dimuat situs newschecker.in, pada 26 Maret 2020. 

Situs newschecker.in menyatakan, video ini dibuat oleh dua bersaudara yang tinggal di Nikaragua, Amerika Latin, keduanya memiliki keahlian membut video animasi. Kemudian video tersebut  diunggah di kanal Youtube JJPD Producciones.

Lokasi perekaman video tersebut  bukan di Vatikan, Roma, melainkan di Kota Granada, Nikaragua.

Penelusuran fakta dilanjutkan, dengan memasukan 'JJPD Producciones' sebagai kata kunci pencarian Google Search. Pencarian mengarah pada artikel berjudul "Viral: Captan a extraña criatura en cúpula de la Catedral de Granada" dimuat situs tn8.tv, pada 4 Juni 2019.

Situs tersebut menjelaskan, video tersebut merupakan fiksi yang dibuat oleh JJPD Producciones.

Video fiksi tersebut menceritakan tentang hewan bersayap berwarna coklat dengan sentuhan keabu-abuan pada kubahnya. Hewan tersebut konon bersembunyi di Katedral "Inmaculada Concepcion de María", di kota Granada dan sedang menunggu saat yang tepat untuk pergi keluar bersama kawanannya.

Diunggah 9 Bulan Lalu

 

Cek Fakta: Hoaks Video yang Diklaim Penampakan Iblis di Gereja Vatikan (screenshot YouTube)

 

Berdasarkan penelusuran di Kanal JJPD Producciones di situs YouTube, video asli 'penampakan tersebut' berjudul Demonio Aterroriza en Ciudad de Granada - Nicaragua 2019 - Gargola?

Jika diterjemahkan berarti, Iblis Mengerikan di Kota Granada - Nikaragua 2019 - Gargola?

Video tersebut diunggah pada 3 Juni 2019, sembilan bulan lalu.

Video yang sama juga pernah digunakan untuk menyebar kabar berbeda.

Dalam artikel berjudul, Digitally created horror video shared as attack on Italian church by Islamic forces, yang dimuat situs India, www.altnews.in, disebutkan bahwa video itu sempat viral di media sosial, diklaim sebagai serangan ke gereja Italia oleh pihak Islam.

Menurut hasil penelusuran, klaim itu dusta belaka.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim iblis di gereja Vatikan dalam video tidak benar. Video tersebut merupakan karya animasi yang dibuat rumah produksi JJPD Producciones dan diunggah di kanal Youtube mereka pada Juni 2019.

Lokasi perekaman video bukan di Vatikan, Roma, melainkan di Kota Granada, Nikaragua.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

 

Data: Eka M

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini