Sukses

Cek Fakta: Viral Video Anies Baswedan Pulangkan Imigran China ke Negara Asalnya, Ini Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang imigran asal China yang dipulangkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ke negara asalnya beredar di media sosial.

Kabar ini disebarkan akun Facebook Hilda Surya Ningrat pada Selasa 10 Maret 2020. Akun ini mengunggah video berdurasi 25 detik yang berisi rekaman razia WNA di Apartemen Mediterania Jakarta, Barat.

Video tersebut terdapat narasi "Imigran Asal China Yang Ada di Jakarta Dipulangkan Oleh Anies Baswedan ke Negara Asalnya".

Konten yang diunggah akun Facebook Hilda Surya Ningrat telah 42 kali dibagikan dan mendapat 144 komentar warganet.

Video serupa ternyata juga diunggah akun Facebook Nana Suryana pada 7 Maret 2019 lalu. Video yang diunggah akun Facebook Nana Suryana telah 3.900 kali dibagikan dan mendapat 485 komentar warganet.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek fakta Liputan6.com menelusuri video yang diunggah akun Facebook Hilda Surya Ningrat dan klaim Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memulangkan imigran China ke negara asalnya.

Penelusuran dilakukan menggunakan situs berbagi video YouTube dengan memasukkan kata kunci "Razia WNA Tiongkok". Hasilnya, terdapat video identik yang diunggah akun YouTube CTV Network dengan judul "WNA Asal China Marah Marah Dirazia".

Namun, durasi videonya lebih panjang, yakni 1 menit 25 detik dan tidak terdapat narasi "Imigran Asal China Yang Ada di Jakarta Dipulangkan Oleh Anies Baswedan ke Negara Asalnya". Video tersebut telah diunggah sejak 18 September 2015.

Akun YouTube CTV NETWORK juga menambahkan narasi yang menjelaskan mengenai peristiwa dalam video tersebut.

"53 warga negara asing asal China diamankan petugas dalam sebuah operasi keimigrasian di Apartemen Mediterania Gajah Mada Jakarta Barat. Mereka diamankan karena tidak memiliki identitas serta menyalahi ijin tinggal di Indonesia. (Baito Herlambang)," tulis akun YouTube CTV NETWORK

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim sebagai sikap tegas Gubernur Anies Baswedan memulangkan imigran asal China ke negara asalnya ternyata tidak benar.

Video tersebut merupakan hasil suntingan dan penambahan narasi dari video yang diunggah akun YouTube CTV NETWORK. Narasi yang disampaikan dalam video tersebut tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta: Raja Salman Dikabarkan Meninggal Dunia, Benarkah?
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta: Viral Sindikat Baru Kuras Tabungan dengan Stiker Call Center di ATM, Benarkah?