Sukses

[Cek Fakta] Foto Ini Diklaim Sebagai Binatang Pembawa Pesan Tanda Kiamat Dabbah, Faktanya?

Liputan6.com, Jakarta - Pada 17 Desember 2019, welcomehowto2.blogspot.com membagikan artikel berjudul, Ya Allah, Dabbah Telah Muncul, Binatang Pembawa Pesan Tanda Kiamat di media sosial Facebook.

Unggahan itu kemudian viral, dibagikan sebanyak 115.400 kali dan dilihat setidaknya 7,1 juta kali di Facebook.

"Subhanallah beginilah Wujud Binatang Pembawa Pesan Kiamat >> Salah satu perkara yang wajib diimani oleh setiap muslim adalah iman terhadap hari kiamat. Hari kiamat adalah hari beresnya kenasiban dunia semesta ini dan mulainya kenasiban akherat kelak," demikian alinea pertama artikel yang dimuat situs welcomehowto2.blogspot.com.

Tak hanya artikel, situs tersebut juga mengunggah dua foto. Seorang pria berkacamata terlihat memegang makhluk panjang mirip ular, yang memiliki empat kaki.

Apakah makhluk tersebut?

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Penelusuran gambar menggunakan Yandex.com mengarah ke sejumlah temuan, termasuk yang menyebut soal heboh penampakan naga maupun kelahiran makhluk diduga naga.

 

[Cek Fakta] Foto Ini Diklaim Sebagai Binatang Pembawa Pesan Tanda Kiamat Dabbah, Faktanya?

 

Penelusuran lebih lanjut mengarah ke situs doubtfulnews.com. Dalam artikel berjudul, Fakety fake dragon photo going round the ‘net yang dipublikasikan pada 12 September 2012, situs tersebut membantah klaim yang beredar soal temuan naga. 

Penulis artikel tersebut mengatakan, ada sejumlah alasan mengapa penampakan hewan diduga naga itu palsu.

"Saya punya alasan pribadi mengapa (penampakan makhluk) itu palsu. Menurutku, itu bukan hasil photoshop, melainkan permodelan.

1. Tidak ada darah atau isi perut.

2. Saya yakin betul, orang China punya kemampuan membuat model naga yang bagus.

3. Anjing (dalam foto) terlihat bermain-main dengan ekor naga, itu bukan hal aneh.

4. Kelihatannya seperti karet, bukan bangkai hewan sejenis reptil," demikian terjemahan kutipan artikel tersebut.

 

Seperti dikutip dari artikel berjudul, No, This Man Is Not Slicing a Real Dragon yang dimuat situs kotaku.com pada 9 Desember 2012, gambar tersebut sempat viral di China.

Sejumlah orang berspekulasi bahwa pria dalam foto sedang menguliti seekor naga sungguhan.

Namun, pengguna lain tak sepakat. Ada yang berpendapat, foto tersebut telah dimanipulasi atau menampilkan naga mainan.

"Meskipun itu hasil Photoshop, takut juga aku melihatnya," kata salah satu pengguna internet China seperti dikutip dari kotaku.com.

Situs http://tt.mop.com, yang tertera dalam foto yang beredar tak bisa diakses, sehingga belum diketahui latar belakang dari foto yang viral tersebut.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim situs welcomehowto2.blogspot.com terkait foto wujud hewan pembawa pesan kiamat tidak didasarkan pada fakta. 

Foto tersebut sebelumnya viral di internet, setidaknya sejak tahun 2012, yang dikaitkan dengan isu kemunculan naga. Tak ada kaitannya dengan pertanda kiamat atau akhir zaman.  

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Mengonsumsi Daun Pakis Berbahaya karena Memicu Kanker? Ini Faktanya
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Hoaks Kanibal Kabur ke Baubau Sultra