Sukses

[Cek Fakta] Tidak Pernah Presiden Foto dengan Pemakai Cadar, Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Pada 8 November 2019, akun Facebook Hermes Hermanes‎ mengunggah foto Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi di laman SUARA RAKYAT INDONESIA.

Dalam foto itu terlihat Jokowi sedang berswafoto dengan sejumlah orang, termasuk perempuan yang mengenakan pakaian minim.

"Tidak pernah Presiden foto dengan pemakai cadar... Dengan yang ini ada," demikian narasi yang ditambahkan pemilik akun Hermes Hermanes‎.

Sejak kali pertama dibagikan di Facebook hingga artikel ini dipublikasikan, unggahan tersebut telah dibagikan sebanyak 117 kali, menuai 222 komentar, dan mendapatkan tanda suka (like) sebanyak 539 kali.

Apa konteks foto tersebut? Benarkah Presiden Jokowi tak pernah berfoto dengan pemakai cadar?

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Penelusuran foto menggunakan Google Reverse Images mengarah ke sejumlah foto serupa, Jokowi yang mengenakan atasan warna ungu, sedang berfoto dengan beberapa orang. 

 

[Cek Fakta] Tidak Pernah Presiden Foto dengan Pemakai Cadar, Benarkah? (Google Images)

 

 

Kala itu, Jokowi sedang berkunjung ke Pulau Bali. Tak hanya mengunjungi Bali dan berfoto bareng dengan wisatawan, Presiden Ketujuh RI itu juga membuat vlog tentang Bali yang menjadi viral, demikian dikabarkan jpnn.com dalam artikel berjudul, Viral Vlog Jokowi dan Turis Efektif Pikat Wisman Mau ke Bali.

Jokowi juga mengabarkan kunjungannya tersebut dalam akun Instagramnya. "Bali Aman, silakan liburan Ke Bali. Tadi saya ke pantai kuta, dan menyaksikan sendiri, ramai sekali. Foto: Biro Pers Setpres," kata Jokowi dalam akun @jokowi.

 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Bali Aman, silakan liburan Ke Bali. Tadi saya ke pantai kuta, dan menyaksikan sendiri, ramai sekali. Foto: Biro Pers Setpres

Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi) pada

3 dari 5 halaman

Foto Jokowi dengan Perempuan Bercadar

Salah satu cara paling mudah dan cepat untuk melakukan verifikasi adalah dengan melakukan pencarian di mesin pencari. 

Penelusuran kata kunci 'jokowi perempuan bercadar' di Google Search menghasilkan temuan berikut ini: 

 

[Cek Fakta] Tidak Pernah Presiden Foto dengan Pemakai Cadar, Benarkah?

 

Dari hasil penelusuran, setidaknya Jokowi berfoto dengan perempuan bercadar dalam dua kesempatan. 

Pertama, di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara pada 2 Maret 2019.

[Cek Fakta] Tidak Pernah Presiden Foto dengan Pemakai Cadar, Benarkah? (JPNN.com)

 

Perempuan tersebut awalnya ditahan oleh pihak keamanan untuk mendekati Kepala Negara.

Nah, ketika Jokowi sudah mendekati mobil kepresidenan Indonesia-1, wanita itu semakin mendekat dan masih ditahan petugas untuk mendekat. Presiden yang melihatnya ingin berswafoto, mempersilakannya untuk mendekat.

Wanita itu berswafoto dengan Presiden ketujuh RI tersebut persis di dekat pintu mobil, demikian diungkap Jpnn.com dalam artikel berjudul Perjuangan Wanita Bercadar demi Selfie Bareng Jokowi.

Jokowi juga tertangkap kamera berfoto bersama perempuan bercadar pada November 2018. 

 

Dalam artikel berjudul, Kala Wanita Bercadar di Lampung Mengagumi Jokowi yang dimuat Liputan6.com disebutkan, peristiwa itu terjadi saat Jokowi menyambangi Mal Boemi Kedaton di Jalan Teuku Umar, Kedaton, Kota Bandar Lampung, Sabtu (24/11/2018).

Kedatangan Jokowi membuat heboh pengunjung Mal Boemi Kedaton. Mereka meminta Jokowi untuk bersalaman dan berswafoto.

Usai melayani pengunjung mal bersalaman dan berswafoto, Jokowi mampir ke Bakso Lapangan Tembak Senayan. Di sana, Jokowi menyantap bakso tahu dan es teh manis.

Selepas santap siang, Jokowi kembali melayani pengunjung mal untuk berswafoto. Mereka di antaranya Intaniah Lestari (30), Yunita Maya Putri (30) dan Eka Dewi (40).

Intaniah Lestari mengenakan busana muslimah (gamis) hitam lengkap dengan cadar. Sedangkan Yunita Maya Putri dan Eka Dewi memakai gamis tanpa cadar.

Intaniah, sapaan akrab Intaniah Lestari mengaku mengagumi Jokowi. Alasannya selama empat tahun belakangan ini, Jokowi sebagai Presiden telah membawa Indonesia ke arah lebih baik, terutama dalam pembangunan infrastruktur.

"Jadi, saya memang pendukung pribadinya Beliau," ujar wanita kelahiran Lampung ini.

4 dari 5 halaman

Kesimpulan

Foto Jokowi bersama perempuan bercadar, dalam dua kesempatan, membantah klaim akun Facebook Hermes Hermanes yang menyebut, 'tidak pernah presiden foto dengan pemakai cadar'.

5 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
PODCAST: Fakta di Balik Finger Heart Ala Korea, Simbol Salib?
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta Kesehatan : Pasien Hepatitis A Harus Makan dan Minuman Manis, Pantang yang Berlemak?