Sukses

Cek Fakta: Viral Giveaway Oppo A5s untuk 25 Pemenang, Ini Faktanya

Laman Facebook bernama OPPO indonesia (@oppoindonesia13) mengunggah foto produk A5s yang disertai sebuah penawaran. Cek dulu faktanya!

Liputan6.com, Jakarta - Pada Rabu 23 Oktober 2019, laman Facebook bernama OPPO indonesia (@oppoindonesia13) mengunggah foto produk Oppo A5s yang disertai sebuah penawaran.

Berikut narasinya:

"[Giveaway] lagi.!!

Dalam rangka akan keluarnya produk terbaru oppo kami nanti, hari ini kami dari PT. Oppo telecomunication akan mengadakan giveaway untuk 25 orang pemenang oppo As5.

Caranya ikuti dibawah ini !!.

1. Like dan Sukai halaman oppo indonesia official.

2. Tulis di komentar kalian #GiveawayOppo A5s

3. Setelah itu share ke teman teman kalian atau ke grup kalian sebanyak mungkin.

4. Pemenang akan kita pilih secara acak dan random yang telah memenuhi syarat ketentuan event.

Ikuti sekarang juga giveaway kami dan

Dapatkan hadiahnya sekarang!!!"

 

Dalam kolom komentar, admin laman Facebook OPPO indonesia (@oppoindonesia13) menambahkan ajakan untuk membagikan unggahan tersebut.

 

"OPPO indonesia Jangan lupa share ke semua teman teman grup kalian, semoga beruntung.😍," tulis dia.

 

Sejak kali pertama dipublikasikan, unggahan itu telah dibagikan setidaknya sebanyak 671 kali.

Benarkah laman Facebook OPPO indonesia (@oppoindonesia13) terkait dengan Oppo Indonesia yang merupakan perwakilan perusahaan tersebut di Tanah Air?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tekno Liputan6.com menghubungi PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto terkait penawaran yang sedang viral di Facebook, pada Rabu 23 Oktober 2019. 

Berikut tanggapannya:

 

"Enggak ada fanpage Facebook Oppo Indonesia, yang ada cuma Oppo global. Oppo Indonesia cuma ada akun Instagram dan Twitter. Jadi activity apa pun terkait Oppo Indonesia selalu dibagikan lewat Instagram atau Twitter. Kalau pun ada activity seperti kuis atau giveaway, itu pasti selalu produk Oppo terbaru

Giveaway yang sedang viral di https://www.facebook.com/oppoindonesia13/photos/a.884018925097596/1301484310017720/?type=3&theater itu kan produk lama. Jadi bisa dipastikan itu fanpage palsu dan giveaway palsu."

 

 

Sebenarnya, ada cara mudah untuk memverifikasi sebuah akun atau laman media sosial, khususnya Facebook.

Pertama, pastikan ada lencana verifikasi berwarna biru (blue verification badge) dengan tanda centang di tengahnya.

Dalam penjelasan di tautan ini, Facebook mengatakan, lencana tersebut hanya diberikan pada merek, organisasi media, dan figur publik yang memenuhi syarat.

Kita juga bisa masuk ke Home sebuah laman dan membuka Transparansi Halaman (Page Transparency) yang ada di sisi kanan.

Penelusuran laman Facebook bernama OPPO indonesia (@oppoindonesia13) menghasilkan temuan berikut ini:

[Cek Fakta] Viral Giveaway Oppo A5s untuk 25 Pemenang, Ini Faktanya (Facebook)

 

Laman tersebut dibuat pada 1 September 2015 dengan nama Ardiyansah dan diganti  menjadi Oppo Indonesia pada 3 November 2017. Dan hanya satu orang yang mengaturnya. 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan Klaim

Pihak Oppo Indonesia melalui PR Manager-nya,  Aryo Meidianto membantah memberikan giveaway melalui fanpage OPPO indonesia (@oppoindonesia13) di Facebook. 

Laman Facebook OPPO indonesia (@oppoindonesia13) tak ada kaitannya dengan perwakilan perusahaan tersebut di Tanah Air. 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini