Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

[Cek Fakta] Ratusan Ribu Penonton Liga Jerman Bentuk Konfigurasi Tulisan Rasulullah?

Liputan6.com, Jakarta - Pada 5 September 2019, laman Facebook Mukjizat Rasulullah Saw menggunggah sebuah video yang menunjukkan sebuah stadion sepak bola, dengan bangku-bangku yang disesaki penonton.

Tak lama kemudian, orang-orang tersebut membentuk konfigurasi, berupa tulisan Arab berwarna kuning dengan latar hitam. Ada tulisan, "Germany's premier football team Borussia Dortmund honors Prophet" dalam vdieo itu. 

"Masya Allah .. Ratusan ribu penonton sepak bola Liga Jerman, membuat 'konfigurasi' untuk menghormati Rasulullah SAW. Jerman adalah salah satu negara Eropa yg terpesat perkembangan Islamnya karena dimotori oleh ustaz Pierre Vogel yg seorang muallaf setempat. Pemerintahnya pun membebaskan warganya dalam memilih keyakinannya," demikian narasi yang ditambahkan laman Facebook tersebut.

Video tersebut telah ditonton setidaknya 4.732 kali. Sementara, unggahan itu dibagikan 208 kali dan menuai 24 komentar.

Kabar serupa juga muncul di Facebook. Salah satunya diunggah akun Facebook Azmiatt Att pada 4 September 2019.

Cek Fakta - Suporter Borussia Dortmund Bentuk Konfigurasi Rasulullah? (Facebook)

 

"Masya Allah .. Ratusan ribu penonton sepak bola Liga Jerman, membuat 'konfigurasi' untuk menghormati Rasulullah SAW. Jerman adalah salah satu negara Eropa yg terpesat perkembangan Islamnya karena dimotori oleh ustaz Pierre Vogel yg seorang muallaf setempat. Pemerintahnya pun membebaskan warganya dalam memilih keyakinannya. 👇," demikian narasi yang disampaikan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, narasi yang menyertai unggahan laman Facebook Mukjizat Rasulullah Saw dan akun Facebook Azmiatt Att tidak menunjukkan fakta yang sebenarnya. 

Klaim serupa, yang menggunakan video yang sama, pernah diunggah pada November 2018 lalu.

Cek Fakta Liputan6.com pernah memverifikasi klaim yang diunggah akun Facebook bernama Saleh Alhadar yang mengklaim bahwa Klub sepak bola Jerman, Borusia Dortmund merayakan Maulid Nabi Muhammad dalam artikel berjudul [Cek Fakta] Suporter Klub Sepak Bola Jerman Borussia Dortmund Lantunkan Selawat?.

Benarkah klaim tersebut? 

Video tersebut memang benar adanya, tetapi bukan dilakukan oleh klub sepak bola Jerman, Borussia Dortmund, melainkan fans klub sepak bola Arab Saudi Al Ittihad. Penjelasan soal itu ditulis oleh Liputan6.com pada 27 Februari 2015 silam dalam artikel berjudul, Suporter Klub Ini Kumandangkan Selawat Nabi di Stadion

 

Suporter Klub Sepak Bola

 

Berikut isi artikel tersebut:

"Suporter klub-klub Indonesia yang kerap berbuat onar di dalam stadion nampaknya harus mencontoh apa yang dilakukan fans klub Arab Saudi Al Ittihad. Atraksi mereka di dalam stadion belum lama ini menghebohkan dunia maya dan membuat kagum banyak orang.

Dalam sebuah video yang diunggah di Youtube, terlihat puluhan ribu suporter Al Ittihad meneriakkan pujian kepada Nabi Muhammad. Mereka kompak menyanyikan lagu terkenal 'Tala Al Badru' Alayna' yang konon dinyanyikan Sahabat Nabi saat kedatangan Nabi Muhammad ke Madinah dari Makkah.

Selain itu para fans juga melakukan koreografi membentuk tulisan حبيبي يا رسول الله yang berarti ‘Oh Rasulullah, kekasihku’ dengan warna kuning dan hitam sesuai dengan warna klub kesayangan mereka.

Fans Al Ittihad melakukan aksi ini di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, 20 Februari 2015 lalu. Saat itu Al Ittihad tengah menghadapi Al Shoalah pada laga lanjutan Liga Arab Saudi. Pada laga tersebut, Al Ittihad berhasil menang 3-2 meski sempat tertinggal lebih dulu.

Aksi fans Al Ittihad ini seharusnya dapat menjadi contoh bagi kelompok suporter di Indonesia. Kebanyakan suporter di Indonesia malah lebih sering menyanyikan chant yang berisi hinaan dan umpatan kepada kelompok suporter lain yang merupakan seteru mereka."

Artikel yang diunggah republika.com berjudul Ribuan Fans Bola Bershalawat kepada Rasulullah SAW dan artikel The Siasat Daily berjudul Al Ittihad football fans display Prophet Muhammad’s (PBUH) name, chant praises juga membantah narasi yang diunggah laman Facebook Mukjizat Rasulullah Saw dan akun Facebook Azmiatt Att

3 dari 4 halaman

Kesimpulan Klaim

Benarkah suporter Liga Jerman membentuk konfigurasi tulisan Rasulullah? Klaim tersebut sama sekali tidak didukung bukti sahih. 

Artikel yang diunggah Liputan6.com, republika.com, dan The Siasat Daily menyebutkan bahwa video yang viral di Facebook itu menampilkan aksi suporter  Al Ittihad, dari Arab Saudi, bukan Jerman. 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Viral Giveaway Oppo A5s untuk 25 Pemenang, Ini Faktanya
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Viral Isi Akun Instagram yang Diklaim Milik Brigjen Krishna Murti, Faktanya?