Sukses

[Cek Fakta] Video Viral 'Tanda Akhir Zaman' dengan Suara Orang Berbahasa Indonesia

Viral, video 'pertanda akhir zaman' dengan latar suara berbahasa Indonesia. Faktanya?

Liputan6.com, Jakarta - Pada 24 Agustus 2019, laman Facebook Riders di BLKRBuol King Rider's mengunggah sebuah video yang diklaim sebagai penampakan aneh di langit.

" Subhanallah...Pertanda apakah ini, apakah tanda akhir zaman??😔😔," demikian narasi yang menyertai unggahan tersebut.

Hingga kali pertama diunggah, video tersebut telah ditonton sebanyak 1.577.163 kali.

Postingan itu juga sudah dibagikan sebanyak lebih dari 41.400 kali, termasuk 26.400 kali dalam 24 jam terakhir.

Dikomentari Netizen Kritis

Postingan laman Facebook  Riders di BLKRBuol King Rider's tersebut juga menjaring 3.600 komentar.

Namun, tak semua pengguna Facebook yang memberikan komentar meyakini kebenaran postingan itu.

"Suaranya mirip waktu penampakan kuda terbang di atas gedung KPU kalo Ndak salah," tulis pengguna Facebook bernama Alfian. Ia mengomentari audio yang ada dalam video tersebut.

Latar suara dalam video yang diunggah laman Facebook Riders di BLKRBuol King Rider's terdengar dalam Bahasa Indonesia. 

"Allahuakbar...Allah hadir...Allah hadir, Allah hadir. Allahuakbar...Semakin jelas, semakin jelas, Allahuakbar," demikian suara yang terdengar menyertai video itu. 

Benarkah penampakan tersebut ada di Indonesia? Dan, dari mana asal video yang viral itu?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Penelusuran menggunakan Google Reverse Images menghasilkan bermacam temuan, dari banyak negara, dengan berbagai klaim yang menyertai. 

Misalnya, sebuat situs berbahasa Vietnam, hangphimtheky21.com, mengunggah artikel terkait penampakan tersebut pada 2018.

Dengan menggunakan Google Translate diketahui, artikel berjudul Xôn Xao Clip Vầng Sáng Hình Quán Thế Âm Trên Bầu Trời, Phải Chăng “Bồ Tát” Đã Hiển Linh? tersebut mengaitkan penampakan itu dengan Dewi Quan Yin atau Kwan Im. 

Cek Fakta - penampakan aneh di langit (screengrab/hangphimtheky21.com)

Sementara situs egy-copt.com pada 2018 juga mengunggah artikel soal penampakan aneh tersebut.

"Warga mengabadikan pemandangan menakjubkan dan momentum penampakan objek asing terbang di langit," demikian terjemahan judul artikel tersebut.

Cek Fakta - penampakan aneh di langit (egy-copt.com)

 

Situs peru.com, dalam artikel berjudul Extraña figura celestial provocó truenos y desapareció en segundos? juga menggunggah hal yang sama pada 23 Februari 2018.

Dalam artikel disebutkan, pengguna Facebook Samira Aissa diduga mengunggah video tersebut di situs media sosial itu. Postingannya itu ditonton lebih dari 3 juta kali.

Video penampakan yang sama diunggah akun YouTube خمسة فرفشة pada 15 Februari 2018.

Sejak diunggah, video tersebut telah disaksikan 1.388.032 kali. Bedanya, backsound yang terdengar hanya berupa bunyi, bukan suara manusia.

Cek Fakta - penampakan aneh di langit (YouTube)

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Ada banyak klaim yang dilekatkan dalam video seperti yang diunggah laman Facebook Riders di BLKRBuol King Rider's: penampakan aneh di langit, Dewi Kwan Im, Yesus, hingga dementor. 

Namun, tidak adanya penyebutan lokasi kejadian menyulitkan verifikasi apakah video tersebut asli atau palsu. 

Yang jelas, jika dibandingkan, video serupa yang bertebaran di Youtube sama sekali tak ada latar suara orang berbahasa Indonesia.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini