Sukses

[Cek Fakta] Hoaks Aqua Sponsori Kegiatan Misionaris Kristen

Viral, kabar tentang perusahaan air mineral Aqua mensponsori kegiatan misionaris. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang perusahaan air mineral, Aqua mendukung dan mensponsori kegiatan misionaris, viral di media sosial.

Kabar ini beredar lewat sebuah gambar yang diunggah akun facebook Odi Suryana pada 10 Juli 2019 lalu.

Dalam gambar tersebut terdapat sebuah petunjuk nama tempat bernama "Pondok Remaja PGI". Dalam plang petunjuk nama tempat itu terdapat logo Aqua.

Selain itu, terdapat sebuah narasi di dalam gambar tersebut.

"Sekolah pengkaderan misionaris yg disponsori oleh AQUA. Lokasi di jln. Raya antara Cipayung - Cisarua Puncak Bogor Jawa Barat. Dananya dari penjualan AQUA. Hayoooo mulai skrng berhenti minum AQUA".

Akun facebook Odi Suryana juga menambahkan sebuah narasi dalam konten yang diunggahnya.

"Kalau kita beli aqua berarti kita menyumbang misionaris Kristen," tulis akun facebook Odi Suryana.

Konten yang diunggah akun facebook Odi telah 4.300 kali dibagikan dan mendapat 201 komentar warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Setelah ditelusuri, kabar tentang perusahaan air mineral Aqua yang mensponsori misionaris kristen ternyata tidak benar.

Hal ini disampaikan Corporate Communications Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin. Menurut Arif, kabar tersebut adalah hoaks.

"Itu hoax lama," kata Arief saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Senin (15/7/2019).

Arif mengatakan bahwa Pondok Remaja PGI bukan merupakan tempat pengkaderan misionaris, melainkan tempat penginapan umum yang bisa disewa oleh siapa saja.

"Danone-AQUA adalah entitas bisnis yang tidak memiliki afiliasi dengan organisasi yang tidak ada hubungannya dengan bisnis kami," ucap Arif.

Arief menambahkan, bahwa plang yang terdapat dalam gambar tersebut saat ini sudah tidak ada. "Plang itu sudah tidak ada," tutup Arief.

Seperti dilansir dari situs traveloka, Pondok Remaja PGI merupakan tempat penginapan umum yang terletak di Jalan Raya Puncak KM 78, Leuwimalang, Cisarua, Puncak, Jawa Bara. Di situs traveloka, penginapan ini bisa disewa mulai dari harga Rp 450 ribu per harinya.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang perusahaan air mineral Aqua yang mensponsori kegiatan misionaris kristen ternyata tidak benar.

Pondok Remaja PGI bukan tempat pengkaderan misionaris, melainkan tempat penginapan umum yang bisa disewa oleh siapa saja. Narasi yang disampaikan dan viral di media sosial tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.