Sukses

[Cek Fakta] Jemaah Umrah Asal Lombok Dikabarkan Ditinggal Pihak Travel di Malaysia, Benarkah?

Kabar tentang seorang jemaah umrah yang sudah sepuh ditinggal di Malaysia, viral di media sosial. Cek dulu faktanya.

Liputan6.com, Jakarta - Akun Facebook bernama Jumjum mengunggah foto seorang kakek sepuh, mengenakan baju putih, kain penutup kepala berwarna merah dan membawa tas hijau. Tali tanda pengenal atau ID Card terkalung di lehernya.

"Orang Lombok pulang umroh ditinggal travel di Malaysia mungkin ada yang kenal sudah 2 hari di sana," tulis pemilik akun Facebook, Jumjum dalam unggahannya pada Kamis 20 Juni 2019.

Unggahan tersebut pun viral, telah dibagikan sebanyak 25.495 kali, dibubuhi tanda suka (like) lebih dari 1.200 kali, dan menuai 532 komentar.

Benarkah kakek sepuh dalam foto tersebut adalah jemaah umrah yang ditinggalkan pihak travel di Malaysia?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Akun Facebook bernama Iwan B. Farmady mengunggah konfirmasi terkait berita jemaah yang diberitakan ditinggal pihak travel di Kuala Lumpur, Malaysia pada Kamis 13 Juni 2019.

Menurut dia, jemaah tersebut bernama Suparman. "Menjelaskan berita tentang jemaah umroh atas nama Suparman, yang diberitakan terlantar di Kuala lumpur Malaysia, adalah tidak benar. Beliau sekarang sudah berada di rumah," tulis dia dalam akun Facebooknya.

Ia menjelaskan, kejadian sebenarnya adalah, rombongan umrah umrah yang diikuti kakek tersebut mengadakan city tour di masjid Putra Jaya, Malaysia saat transit sepulang dari melaksanakan ibadah umrah.

"Di sana beliau sempat terpisah dengan rombongannya sekitar setengah jam karena beliau keluar dari masjid dan tersesat, tidak tahu arah kembali ke masjid. Maklum usia beliau sudah cukup tua dan agak pelupa. Tapi, beliau diantar kembali oleh polisi Malaysia ke rombongannya," jelas pemilik akun Facebook Iwan B. Farmady.

Berikut penjelasan lengkapnya:

"Menjelaskan berita tentang jemaah umroh Atas Nama Suparman yang di beritakan terlantar di Kuala lumpur Malaysia adalah tidak benar. Beliau sekarang sudah berada di rumah.di photo beliau bersama kepala desa Rensing Maskum H Zainul hadi.kejadian sebenarnya adalah rombongan umrah yang beliau ikuti mengadakan city tour di masjid putra jaya Malaysia saat transit sepulang dari melaksanakan ibadah umroh. disana beliau sempat terpisah dengan rombongannya sekitar setengah jam karna beliau keluar dari masjid dan tersesat Ndak tau arah kembali kemasjid. maklum usia beliau sudah cukup tua dan agak pelupa, tapi beliau diantar kembali oleh polisi Malaysia ke rombongannya ..jadi berita yang menyatakan beliau terlantar selama dua hari di bandara Kuala lumpur adalah tidak benar karena beliau pulang bersama rombongan sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan.. demikian Konfirmasi dari Kami keluarga agar tidak terjadi berita yang simpang siur..terima kasih."
3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar terkait dugaan seorang jemaah umrah asal Lombok ditinggalkan di Malaysia dibantah pihak keluarga, seperti diunggah dalam akun Facebook Iwan B. Farmady.

Liputan6.com telah berupaya menghubungi pemilik akun Facebook Iwan B. Farmady, untuk meminta penjelasan lebih rinci. Namun, hingga berita ini diturunkan belum mendapatkan jawaban. 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini