Sukses

[Cek Fakta] Hoaks Video Bunuh Diri di Pekanbaru dan Cirebon

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang menampilkan aksi bunuh diri seorang wanita viral di media sosial. Video berdurasi 30 detik terlihat sejumlah warga yang berkerumun di area parkir sebuah apartemen.

Mereka melihat ke arah balkon apartemen. Tak lama kemudian, seorang wanita dari atas balkon itu melompat. Warga langsung histeris, saat melihat wanita itu terjun bebas.

Video ini kemudian ramai dibicarakan di facebook dan situs berbagi video youtube. Misalnya saja seperti yang diunggah oleh akun facebook Loly Maniez.

Dalam unggahannya, Loly Maniez menyebut bahwa kejadian itu terjadi di Pekanbaru, Riau.

"Dapat kiriman vidio ini benar gak sih ktnya kjadian nya di mall ska pekanbaru," tulis Loly Maniez.

Video yang diunggah Loly Maniez sudah lebih dari 1200 kali ditonton dan 17 kali dibagikan. Selain itu, konten tersebut juga mendapat 9 komentar warganet sejak diunggah pada 4 Januari 2019 lalu.

Selain akun Loly Maniez, akun youtube ZeT Channel juga mengunggah video serupa. Dalam konten itu, Zet Channel memberikan keterangan lokasi di CSB Mall Cirebon.

Video itu sudah 3.718 kali ditonton dan mendapat 16 komentar warganet sejak diunggah pada Jumat 4 Januari 2019.

 

2 dari 3 halaman

Fakta

Berdasarkan penelusuran, video tersebut ternyata sudah lama beredar. Tepatnya pada Juli 2017 lalu.

Kejadian bunuh diri di dalam video tersebut memang benar terjadi. Tetapi, peristiwa itu terjadi di Apartemen Gateway, Cicadas, Kota Bandung, Jawa Barat pada 24 Juli 2017.

Hal ini sebagaimana yang diunggah oleh akun facebook Jabar Saber Hoaks. Dalam unggahannya pada 7 Januari 2019, akun ini mengklarifikasi tentang video bunuh diri tersebut.

"Melihat isi konten dalam video tersebut, JSH menemukan bukti baru bahwa video tersebut adalah peristiwa bunuh diri 2 wanita kakak beradik yang peristiwanya terjadi pada tanggal 24 Juli 2017 di apartment GATEWAY di jalan Ahmad Yani kota Bandung. Jadi SALAH bahwa peristiwa tersebut terjadi di CSB Mall Cirebon," tulis Jabar Saber Hoaks.

Sementara jawapos.com juga memberitakan klarifikasi atas kabar ini dalam berita yang berjudul Beredar Video Hoax 2 Perempuan Bunuh Diri di Pekanbaru.

Media sosial di Pekanbaru, Riau, dihebohkan dengan beredarnya sebuah video yang menayangkan 2 perempuan bunuh diri dengan cara meloncat dari gedung tinggi, Kamis (3/1). Dalam video berdurasi 30 detik itu, tertulis bahwa lokasinya berada di komplek Mal SKA Pekanbaru.

Menanggapi hal ini, Direktur Reserse Kriminal Khusus Kombes Pol Gidion Arif Setyawan, memastikan bahwa, lokasi yang tertera dalam video itu adalah hoax atau palsu. Sebab, kejadiannya bukan di sini melainkan di apartemen Gateway Kota Bandung, Jawa Barat, pada 2017 lalu. "Itu hoaks," katanya, Kamis siang.

Gidion memastikan pihaknya akan menelusuri siapa yang telah menyebarluaskan video itu. Sebab, video yang beredar itu cukup membuat heboh masyarakat di Kota Bertuah. "Akan diselidiki siapa pengunggahnya," sebutnya.

Sebelumnya, salah seorang warga Kota Pekanbaru bernama Helmi, 34, mengaku kaget dengan video yang beredar di WhatsApp Grup (WAG) miliknya. "Iya kaget saya pikir itu benar disini. Tapi kok gak heboh ya," sebutnya.

Ia sempat bertanya dengan rekan-rekannya tentang kebenaran video itu. Setelah ditelusuri pria yang berprofesi sebagai wartawan di media online lokal di Riau ini mengetahui kalau lokasi video itu tidak benar. "Rupanya video hoax. Sudah heboh pula kawan-kawan di grup," ujarnya.

Sekedar informasi, insiden di video itu memang benar terjadi. Dua perempuan tewas mengenaskan setelah nekat lompat dari lantai 5A Apartemen Gateway Jalan Ahmad Yani nomor 669, Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cibiru Kidul, Kota Bandung, pertengahan bulan Juli 2017 lalu.

Sebelum melompat dari balkon apartemen, kedua korban sempat diminta untuk mengurungkan niatnya oleh orang-orang di lapangan parkiran bawah. Saat itu video tersebut cukup viral di media sosial. Beberapa warga yang melihat korban kedua yang hendak menyusul meloncat terlihat berteriak-teriak agar mengurungkan niatnya bunuh diri. Namun, itu tak diindahkan korban dan tetap meloncat.

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Video yang berisi adegan bunuh diri seorang wanita ternyata bukan terjadi di Pekanbaru dan Cirebon, melainkan di Bandung, Jawa Barat pada Juli 2017 lalu.

Video ini kembali dimunculkan namun dengan keterangan tempat yang tidak sesuai dengan kejadian yang sebenarnya.

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Israel Bombardir Pasukan Iran di Suriah

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Polri: Hasil Uji Residu Pastikan Bripka Matheus Tewas Bunuh Diri
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Para Pilot di Indonesia Dukung Pasangan Prabowo-Sandiaga Uno?