Sukses

[Cek Fakta] Hoaks Video Longsor Garut yang Beredar di Facebook

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang merekam kejadian longsor viral di Facebook. Dalam video berdurasi 13 detik terlihat sebuah tebing mengalami longsor. Beberapa kendaraan yang berada di sekitar lokasi longsor berhenti.

Warga sekitar pun tampak mengamati peristiwa longsor tersebut. Dalam video itu tampak tertulis bahwa lokasi longsor berada di Garut, Jawa Barat.

Video ini diunggah oleh akun facebook Aping Wijaya Banjarmasin INA. Dalam unggahannya, Aping Wijaya Banjarmasin INA menampilkan video tersebut dengan menuliskan bahwa lokasi longsor berada di Garut, Ja Barat.

"Longsor terjadi di Garut," kata Aping Wijaya Banjarmasin INA.

Konten ini telah dua kali dibagikan dan 111 kali ditayangkan sejak diunggah pada Selasa 25 Desember 2018 lalu.

 

2 dari 3 halaman

Fakta

Video peristiwa longsor ternyata tidak terjadi di Garut, Jawa Barat. Peristiwa longsor itu terjadi di Junhong Road di Da'anshan Township, Distrik Fangshan, Beijin, China.

Fakta ini diungkap oleh akun facebook Jabar Saber Hoaks. Akun ini juga menampilkan akun yang pertama kali mengunggah video tersebut.

"Sampurasun Wargi Jabar. Telah beredar video longsor di WA dengan judul Garut Pamempeuk. Setelah JSH melakukan penelusuran, video tersebut adalah HOAX. Itu adalah kejadian longsor di Junhong Road di Da'anshan Township, Distrik Fangshan pada 11 Agustus 2018. #JabarHantamHoaks," tulis Jabar Saber Hoaks.

Sementara video tersebut ternyata berasal dari akun twitter @PDChina. Akun ini merupakan akun resmi dari People's Daily China, surat kabar harian di Republik Rakyat Tiongkok.

Dalam unggahannya, @PDChina memang menampilkan video kejadian longsor tersebut. Akun itu juga menerangkan lokasi longsor. Video itu diunggah pada 10 Agustus 2018.

"Alert! A landslide occurred at the Junhong Road in Da'anshan township, Fangshan district, #Beijing at around 8:30am (local time) on Saturday. The initial collapse is estimated to be 30,000 cubic meters. No casualties have been reported and the clean-up work is in process," tulis @PDChina.

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Informasi mengenai longsor yang terjadi di Garut, Jawa Barat ternyata salah. Video itu yang merekam kejadian longsor itu ternyata bukan di Garut, melainkan di Junhong Road di Da'anshan Township, Distrik Fangshan, Beijing, Tiongkok.

Video itu ternyata sudah diunggah pada 10 Agustus 2018 oleh akun resmi surat kabar harian di Republik Rakyat Tiongkok, People's Daily China.

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Hoaks Sandiaga Sebut 'Lebih Baik Pengangguran daripada Jadi Kacungnya Rezim'
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Hujan Batu Sebesar Rumah di Purwakarta Diklaim Serpihan Meteor, Ini Faktanya