Sukses

Kalahkan Afrika Tengah, Ethiopia Melaju ke Babak Play-off

Ethiopia berhasil memantapkan dirinya sebagai juara Grup A. Hasil ini berhasil diraih Ethiopia setelah mengalahkan Republik Afrika Tengah.

Kemenangan Ethiopia dengan skor 1-2 itu pun membawa tim asuhan Sewnet Bishaw melaju ke babak berikutnya, yakni babak playoff. Kemenangan di kandang Afrika Tengah ini, yakni di Stadion Alphonse Massamba-Debat, Sabtu (78/9/13) malam waktu setempat itu memantapkan posisi Ethiopia di puncak klasemen akhir Grup A dengan 13 poin. Sementara Afrika Selatan terpuruk di dasar klasemen dengan tiga poin.

Ethiopia tampil perkasa di babak kualifikasi Piala Dunia tahun. Buktinya, Ethiopia tercatat hanya menelan satu kekalahan, empat kali menang, dan satu kali imbang. Namun, Ethiopia berhasil dikejutkan terlebih dahulu oleh Afrika Tengah yang berstatus sebagai tuan rumah.

Bermain di kandang sendiri, Afrika Tengah berhasil unggul lebih dulu, setelah Salif Keita berhasil membobol gawang Ethiopia yang dijaga oleh Sisay Bancha di menit 23.

Tertinggal satu gol membuat Ethiopia mengambil inisiatif untuk bermain lebih agresif. Namun, Ethiopia gagal mengubah keadaan, dan membuat keunggulan Afrika Tengah bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Ethiopia kembali berinisiatif untuk langsung tampil menyerang. Hasil positif tercipta, ketika Salahdin Said berhasil mecetak gol penyama kedudukan setelah babak kedua berjalan lima menit.

Ethiopia pun semakin bersemangat untuk menggempur lini pertahan dari tim yang dilatih oleh Herve Lougounji tersebut. 12 menit berselang dari gol Said, Ethiopia berhasil membalikkan kedudukan. Melalui gol Minyahil Teshome, Ethiopia berhasil menjaga asanya untuk lolos ke babak play-off.

Unggul satu gol, Ethiopia pun berjuang mati-matian mempertahankan keunggulannya tersebut. Usaha mereka berbuah manis, setelah wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan usai.

Yang menjadi kejutan adalah, gagalnya Afrika Selatan melanjutkan langkahnya. Walau berhasil meraih kemenangan dengan skor telah 4-1 atas Botswana, tim yang kerap menjadi langganan ke putaran Piala Dunia itu gagal melangkah ke babak play-off karena hanya bisa mengumpulkan 11 poin.(*)