Sukses

Abidal: Saya Tak Takut Mati

Liputan6.com, Barcelona: Bek Barcelona, Eric Abidal, mengisahkan perjuangan saat mengatasi penyakit tumornya. Bagaimana ia pernah, merasakan nyeri abadi, serta meminta dokter untuk menginduksi koma.

Pemain asal Prancis yang baru saja kembali berlaga sebagai pemain pengganti saat La Blaugrana melawan Mallorca awal bulan ini, sudah setahun menjalani transplantasi hati. Abidal didiagnosa mengalami penyakit tersebut pada 2011 dan harus absen selama setahun penuh. Kemudian ia menjalani operasi transplantasi hati pada April 2012 dan baru kembali tampil pada awal April ini.

"Para dokter bertanya-tanya bagaimana aku bisa menahan sakit. Kami telah berbicara tentang transplantasi, namun pada kenyataannya, saya punya empat atau lima operasi dalam waktu yang sangat singkat," kata Abidal kepada TF1, Senin (15/4/13).

"Saya kehilangan 19 kilogram. Saya tidak pernah berpikir tentang kematian, karena saya tahu itu Tuhan yang memutuskan," imbuhnya.

"Setelah operasi keempat, para dokter yang sama mengatakan kepada saya bahwa saya punya banyak cairan di perut dan mereka bertanya-tanya bagaimana saya bisa menahan sakit," pungkas Abidal.(FE)