Sukses

Kiper Semen Padang Jadi Buah Bibir di Hongkong

Kiper utama Semen Padang FC, Jandia Eka Putra, terpilih sebagai man of the match oleh situs AFC.com. Jandia banyak dibicarakan berkat penampilan gemilangnya saat mengalahkan Kitchee SC.

Jandia Eka Putra, kiper utama Semen Padang FC, kembali menjadi buah bibir. Jandia banyak dibicarakan berkat penampilan gemilangnya di bawah mistar gawang SPFC saat mengalahkan Kitchee SC 2-1 dalam lanjutan AFC Cup 2013, Selasa lalu di Mongkok Stadium.

Dalam pertandingan itu, kiper kelahiran Padang 14 Juli 1987 ini membuat beberapa kali penyelamatan gemilang, sehingga gawang "Kabau Sirah" terhindar dari kebobolan.

Untuk penampilan apiknya itu, Jandia diganjar sebagai man of the match oleh situs AFC.com. Bahkan, media-media Hongkong memberi apresiasi yang tinggi untuknya. Beberapa harian negara Commonwealth itu memajang foto aksi heroik Jandia sebagai headline.

"Jandia tampil sangat luar biasa, dia bereaksi sangat tepat untuk membuat penyelamatan dalam situasi yang sulit. Ini tentu sebuah nilai plus bagi seorang penjaga gawang, sekaligus menunjukan kualitasnya," ujar pelatih Semen Padang, Jafri Sastra, Kamis (4/4/13).

Selain reaksi dan memiliki reflek yang bagus, kelebihan kiper berambut panjang ini, menurut Jafri, adalah posturnya yang ideal dan proporsional untuk seorang kiper. Salah satunya, karena ukuran body dan kakinya yang sangat ideal. "Kelebihan lain dia mempunyai cengkraman yang kuat, sehingga penguasaanya terhadap bola sangat bagus," imbuh Jafri.

Menanjaknya Jandia, tentu tak terlepas dari gemblengan pelatih kiper Semen Padang, Zulkarnain Zakaria yang bisa mencium potensinya, sejak tiga musim lalu bergabung dengan SPFC setelah memperkuat PSP Padang.(GL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.