Sukses

Jelang Lawan Palestina dan Argentina, Shin Tae-Yong Genjot Fisik Pemain Timnas Indonesia

Shin Tae-Yong fokus untuk memperbaiki fisi pemain dan juga penguatan otot pemain Timnas Indonesia untuk menghadapi duel lawan Palestna dan Argentina di FIFA Matchday.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia gencar melakukan persiapan untuk dua laga spesial di FIFA Matchday melawan Palestina dan Argentina. Timnas Indonesia terus melakoni latihan di Lapangan Thor, Surabaya jelang menghadapi dua laga FIFA Matchday melawan Palestina (14/6/2023) dan Argentina (19/6/2023) mendatang.

Pelatih Shin Tae-yong yang baru memimpin latihan hari ini masih fokus memberikan materi latihan penguatan otot untuk pemain. Skuad Garuda sudah berkumpul di Surabaya sejak 5 Juni lalu. Laga melawan Palestina akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Pada awal-awal pemusatan latihan ini, para pemain belum terlalu difokuskan kepada hal taktikal. Tim pelatih masih memberikan menu latihan fisik. Apalagi, fisik para pemain masih belum sempurna karena memang kondisinya saat ini kompetisi tengah berakhir.

"Musim kemarin selesai memang libur panjang karena FIFA Matchday, jadi kelihatan tidak baik secara fisik dan keseluruhan. Jadi kami tidak punya banyak waktu untuk tingkatkan fisik pemain, tapi fokus latihan tingkatkan otot pemain dan penguatan," kata Shin Tae-yong seperti dilansir situs PSSI.

Timnas Indonesia belum bisa mengumpulkan seluruh pemainnya. Hingga hari ketiga, baru 15 pemain yang mengikuti latihan dengan skuad Garuda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Shin Tae Yong Ingin Pemain Timnas Tanpa Beban

 

Menghadapi dua pertandingan nanti, Shin Tae-yong berharap pemain menunjukkan permainan terbaik dan tanpa beban, terutama ketika hadapi Argentina. Dia meminta pemain fokus kepada diri sendiri dan mengikuti instruksinya.

"Semua tahu Argentina juara Piala Dunia, saya hanya akan berusaha tingkatkan fisik dan otot pemain biar bisa berusaha semaksimal mungkin di pertandingan nanti, saya hanya berharap pemain bisa ikuti instruksi saya," katanya.

Sementara itu, Striker Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan, sangat antusias menyambut laga FIFA Matchday melawan Palestina (14 Juni) dan Argentina (19 Juni). Apalagi, dia merasa kondisinya mulai membaik setelah libur kompetisi.

Dendy Sulistyawan mengatakan, seluruh pemain sangat antusias mengikuti sesi latihan. Skuad Garuda sudah tak sabar menghadapi Palestina dan Argentina.

"Untuk kegiatan tiga hari kemarin seperti biasa kita ada jadwal latihan sehari dua kali, soalnya baru bergabung bersama Timnas lagi. Jadi kaya kemarin itu, ada jadwal latihan di gym pagi hari, sorenya baru di lapangan," kata Dendy.

"Kebetulan kemarin kita latihan cuma sekali saja, jadi setelah ini kita akan latihan di lapangan saja. Alhamdulillah kondisi cukup baik ya, meskipun kemarin sempat libur setelah liga tapi kondisi sudah mulai balik lagi," ungkap pemain Bhayangkara FC tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Target Dendy dengan Timnas Indonesia

Dendy Sulistyawan juga membeberkan targetnya bersama skuad Garuda di dua pertandingan tersebut.

"Pertama pastinya Alhamdulillah, masih dipercaya oleh coach Shin (Tae-yong) untuk FIFA Matchday bulan ini (Juni)," ungkap Dendy.

"Kita lawan Palestina juga harus maksimal, karena kita bisa mendapatkan poin yang cukup baik ketika memenangkan pertandingan lawan Palestina. Dan juga untuk lawan Argentina pastinya pengalaman luar biasa, melawan tim yang baru saja kemarin juara dunia. Jadi kita harus cari pengalaman dan belajar lagi mengenai sepak bola agar kita bisa lebih berkembang lagi," tukasnya.

 

4 dari 4 halaman

Update Pemain Timnas Indonesia yang Sudah Bergabung

 

Skuad Garuda terus berlatih di Lapangan Thor, Surabaya, Kamis (8/6). Timnas Indonesia akan lebih dahulu menjamu Palestina, pada laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/6) malam WIB. Lima hari berselang Timnas Indonesia akan menghadapi Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Sampai kemarin, baru 15 pemain yang ikut latihan. Mereka antara lain Sandy Walsh, Andy Setyo, Rafael Struick, Ivar Jenner, Syahrul Trisna, Dendy Sulistyawan, Fachruddin Aryanto, Dimas Drajad, Stefano Lilipaly, Ernando Ari, Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Marc Klok, Edo Febriansyah dan lain-lainnya.

Saat ini jumlah pemain Timnas Indonesia yang bergabung bertambah menjadi dua orang, dengan hadirnya Elkan Baggott dan Saddil Ramdani. Total sudah 17 pemain yang bergabung.Masih ada 11 pemain yang belum bergabung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.