Sukses

Lionel Messi Bersedia Balik ke Barcelona dengan 2 Syarat, Apa Saja?

Lionel Messi kabarnya berpotensi balik ke Barcelona asalkan dua syarat dapat dipenuhi oleh pihak klub. Apa sajakah syarat yang diminta megabintang asal Argentina?

Liputan6.com, Jakarta Megabintang asal Argentina Lionel Messi kabarnya bersedia kembali ke klub lamanya Barcelona. Walau begitu, sang pemain PSG mengajukan dua syarat yang harus dipenuhi sebelum ia menyegel tanda tangan dengan raksasa Catalan.

Laporan El Nacional yang dilansir dari Sportskeeda mengeklaim syarat pertama La Pulga menyangkut soal performa tim. Pesepak bola berusia 35 tahun menuntut proyek sepak bola yang kompetitif apabila dirinya kembali ke Spanyol.

Seperti diketahui, penampilan Blaugrana memang tak terlalu mencolok dalam beberapa waktu terakhir. Meski berhasil mengunci gelar juara La Liga 2022/2023, Barca tersingkir cepat dari kompetisi Liga Champions musim ini.

Pil pahit serupa juga ditelan ketika Barcelona tergusur ke ajang Europa League. Alih-alih membayar kegagalan, anak-anak asuh Xavi kembali didepak oleh Manchester United dalam babak play-off knock-out dengan skor agregat 3-4.

Berkaca dari situasi tersebut, Lionel Messi nampaknya tak ingin Blaugrana terus-terusan loyo. Ia meminta pihak klub menjamin peluang Barca untuk memenangkan gelar jika ia memutuskan untuk pulang La Liga.  

Selanjutnya, syarat kedua La Pulga sebelum kembali ke Barcelona terkait dengan gaji pemain. Lionel Messi tak ingin ada penggawa lain yang mendapat bayaran lebih besar darinya selama di raksasa Catalan.

Adapun Lewandowski saat ini menjadi salah satu penggawa Blaugrana dengan gaji cukup besar. Ia mengantongi pendapatan bersih mencapai 10 juta euro per tahun yang bakal meningkat menjadi 16 juta euro pada 2024.

Messi konon ogah menjadi nomor dua dan berada di bawah Lewandowski. Untuk itu, sang juara Piala Dunia 2022 menuntut bayaran melampui pendapatan pemain internasional Polandia, yakni minimal 17 juta euro saat kedatangannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diincar Klub Arab Saudi

Sebagai informasi, isu kepulangan Lionel Messi ke Barcelona memang mulai mencuat lantaran kontrak La Pulga bersama Paris Saint-Germain bakal segera habis.

Pemain internasional Argentina itu hanya diikat kesepakatan hingga 30 Juni 2023 oleh sang raksasa Ligue 1. Dengan demikian, Messi bakal segera menyandang status sebagai agen bebas pada bursa transfer musim panas mendatang.

Sejumlah tim sejauh ini digadang-gadang tertarik menyewa jasa Messi. Di samping Blaugrana, klub Arab Saudi Al-Hilal juga berminat mengejar tanda tangannya dan telah menyodorkan tawaran fantastis untuk La Pulga.

Kabar menyebut tim asal negara Timur Tengah itu sebelumnya bersedia memberi gaji mencapai 400 juta euro per tahun untuk Messi. Namun, laporan Goal.com baru-baru ini mengeklaim pihak Arab Saudi telah menaikkan tawaran menjadi 500 juta euro.

3 dari 4 halaman

Masih Ingin di Eropa

Kendati demikian, ada hal yang memberatkan kubu Timur Tengah untuk mendapatkan jasa Messi. Jurnalis pakar transfer Fabrizio Romano mengeklaim La Pulga saat ini masih memprioritaskan kesempatan untuk bermain di Eropa.

“Al Hilal mengirimkan tawaran resmi kepada Leo Messi: gajinya bernilai lebih dari 400 juta euro/tahun. Prioritas mutlak Leo: melanjutkan (karier) di Eropa,” tulis Romano melalui cuitannya di Twitter pada awal April lalu.

Situasi ini harusnya bisa dimanfaatkan oleh Barcelona. Pasalnya, sang raksasa Catalan bisa memberi panggung bagi Lionel Messi untuk melanjutkan kiprah di kancah sepak bola Eropa.

4 dari 4 halaman

Tugas Berat Barcelona

Kendati demikian, bukan berarti misi Barcelona memulangkan La Pulga bakal berjalan mudah. Selain meluluskan syarat sang pemain, Barca juga harus menyeimbangkan situasi finansial demi memenuhi aturan La Liga.

Seperti diketahui, klub besutan Xavi masih punya kewajiban untuk mengurangi tagijan gaji mereka dari 600 juta euro menjadi 400 juta euro musim depan. Tanpa melakukan hal ini, Barca tak akan diizinkan mendaftarkan penggawa baru.

Guna mengatasi situasi tersebut, juru taktik Barca konon hendak melepas empat pemain di bursa transfer. Laporan Sport via Mirror mengeklaim Ferran Torres, Ansu Fati, Franck Kessie, dan Jordi Alba menjadi deretan penggawa yang masa depannya terancam di Blaugrana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.