Sukses

Liga Inggris Izinkan Pemain Muslim Berbuka Puasa Ramadhan dalam Pertandingan

Offisial pertandingan diminta untuk memberi kesempatan kepada para pemain muslim di Liga Inggris untuk berbuka puasa Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta - Liga Inggris memberlakukan aturan baru pada bulan suci Ramadahn. Ofisial pertandingan di seluruh kompetisi sepak bola Negeri Ratu Elizabeth, termasuk Liga Inggris diminta untuk mengizinkan pemain muslim untuk berbuka puasa selama pertandingan malam hari.

Seperti diketahui, banyak pemain muslim yang bermain di Liga Inggris. Seperti Mohamed Salah di Liverpool, Riyad Mahrez bersama Manchester City, dan Ngolo Kante dari Chelsea.

Mereka akan tetap berpuasa selama bulan Ramadhan dan akan menahan diri untuk tidak makan serta minum di siang hari. Ini sebagai bagian dalam menjalankan ibadah rukun Islam keempat.

Mereka berbuka puasa Ramadhan setelah matahari terbenam dan hal ini akan memengaruhi sejumlah pemain yang ambil dalam pertandingan malam hari selama sebulan ke depan. Tidak hanya di Liga Inggris, tetapi divisi lainnya juga.

Karena itu, seperti dilansir Sky Sports News, para ofisial pertandingan kini telah mendapatkan panduan dari badan perwasitan untuk memberikan jeda dalam permainan. Sehingga memungkinan para pemain muslim untuk berbuka puasa dengan meminum cairan atau gel energi atau suplemen.

Mereka juga didorong sebelum kick-off untuk mencoba dan mengidentifikasi pemain yang mungkin perlu berbuka puasa selama pertandingan. Jika memungkinkan agar menyetujui waktu yang tepat melakukan hal tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Leicester City vs Crystal Palace

Dua tahun lalu, Sky Sports News mengungkapkan pertandingan Leicester City melawan Crystal Palace di Liga Inggris sempat dihentikan sementara pada pertengahan pertandingan. Ini dilakukan untuk memberikesempatan kepada para pemain berbuka puasa, yang diyakini sebagai yang pertama di Liga Inggris.

Pada kesempatan itu, kedua klub sepakat sebelum pertandingan dengan wasit Graham Scott bahwa akan ada jeda dalam permainan. Ini untuk memberi kesempatan kepada Wesley Fofana dan Cheikhou Kouyate untuk berbuka puasa.

Vicente Guiata menunda melakukan tendangan gawang tepat setelah pertandingan berjalan setengah jam. Dia memberi kesempatan kepada Fofana dan Kouyate meminum gel energi di sisi lapangan.

Fofana menulis di media sosial setelah pertandingan, berterima kasih kepada Guiata, Palace, dan Liga Inggris yang telah mengizinkannya berbuka puasa, dan menambahkan: "Itulah yang membuat sepak bola menjadi luar biasa."

 

3 dari 4 halaman

Liga Inggris Libur

Memasuki bulan suci Ramadhan yang akan dimulai 23 Maret 2023, Liga Inggris akan libur selama satu pekan. Karena, ada pertandingan FIFA Matchday.

Meski begitu, tidak semua pemain akan libur bertanding. Ada dari mereka yang bakal memperkuat tim nasional masing-masing untuk laga FIFA Matchday.

Liga Inggris akan kembali bergejolak setelah FIFA Matchday dan dimulai 1 April mendatang.

4 dari 4 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.