Sukses

Bola Ganjil: Kartu Merah untuk Kiper Picu Perang di Laga Persahabatan

Uruguay menjamu Ekuador di Estadio Centenario, Montevideo, 4 Januari 1977. Laga sepak bola ini hanya berstatus persahabatan. Namun apa yang terjadi di lapangan jauh dari kata damai. Di sini kedua belah pihak patut menyalahkan wasit Hector Rodriguez.

Liputan6.com, Jakarta - Uruguay menjamu Ekuador di Estadio Centenario, Montevideo, 4 Januari 1977. Laga sepak bola ini hanya berstatus persahabatan.

Namun apa yang terjadi di lapangan jauh dari kata damai. Di sini kedua belah pihak patut menyalahkan wasit Hector Rodriguez.

Berasal dari Uruguay, Rodriguez memperlihatkan keberpihakannya terhadap tuan rumah melalui keputusan kontroversial tidak lama selepas jeda. Dengan Uruguay tertinggal gol Angel Liciardi, Rodriguez mengusir kiper Ekuador Carlos Delgado karena dianggap membuang-buang waktu.

Bola Ganjil sebelumnya sudah menceritakan beberapa kisah para penjaga gawang yang juga mendapat kartu merah karena bertindak tidak sportif. Namun keputusan Rodriguez tetap terasa berlebihan. Pasalnya, dia mengeluarkan Delgado saat pertandingan baru berusia 50 menit.

Keputusan tersebut jelas membuat Ekuador kesal. Apalagi Uruguay menyamakan kedudukan melalui Fernando Morena tidak lama berselang.

Rodriguez sendiri tidak berhenti sampai di situ. Dia mengganjar tiga pemain Ekuador kartu merah. Eduardo Garcia, Luis Augusto Granda, dan Jose Villafuerte diusir karena melakukan protes berlebihan.

Hukuman ini pada akhirnya membuat Ekuador kehilangan kesabaran. Pemain dan staf melakukan protes yang berujung kericuhan. Pertandingan pun tidak selesai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kartu Merah di Adu Penalti

Bola Ganjil sebelumnya menceritakan kisah para kiper yang justru mendapat kartu merah di adu penalti. Padahal peran mereka di fase tersebut lebih penting dari biasanya.

Modiri Marumo jadi salah satu nama yang masuk daftar. Dia tengah membela Botswana pada perempat final COSAFA Cup melawan Malawi di 2003. Laga berakhir 1-1 selama 120 menit. Marumo pun jadi andalan sebelum melakukan tindakan bodoh.

Posisi Botswana saat itu sedang tertekan karena tertinggal. Marumo berusaha melancarkan perang psikologis menghadapi eksekutor ketiga dan membuang-buang waktu. Namun, wasit tidak menolelir aksi itu dan mengganjarnya kartu kuning.

Aksi Marumo nyatanya sia-sia karena Philip Nyasulu tidak terpengaruh dan tetap memasukkan bola. Marumo tambah kesal karena Nyasulu justru coba menghibur dengan menepuk pundaknya.

Kiper yang menghabiskan mayoritas karier bersama Botswana Defence Force itu gagal menjaga emosi dan melepas bogem mentah ke wajah lawan. Marumo akhirnya mendapat kartu merah dan Botswana takluk 1-4.

"Reaksi saya berlebihan," aku Marumo menyikapi insiden itu, dilansir Guardian. "Perilaku itu tidak hanya membuat saya malu, tapi juga klub. Semoga permintaan maaf saya diterima dan saya terus berkomitmen membela negara."

Marumo membayar kesalahan dengan memperkuat timnas hingga 2015. Dia sempat pensiun pada Februari 2012 sebelum menjawab kembali panggilan tugas di bulan Juli tahun yang sama. Marumo total mengantongi 85 caps bersama Botswana.

3 dari 3 halaman

Penjaga Gawang Senasib

Marumo jadi pelaku blunder terbesar di pentas internasional. Namun, ada kiper lain yang melakukan hal serupa.

Jonny Tuffey menganggap dirinya sudah menjadi pahlawan Crusaders pada adu penalti melawan Larne di semifinal Piala Irlandia Utara 2020/2021. Pasalnya, dia sukses memblok tiga tendangan eksekutor lawan.

Masalahnya, Tuffey dianggap tidak berdiri di garis ketika menggagalkan algojo Larne. Wasit pun mengusirnya karena melakukan pelanggaran berkali-kali.

Pelatih Crusaders Stephen Baxter kesal benar dengan keputusan wasit dan meminta anak asuhnya meninggalkan lapangan. Namun, pemain memutuskan tetap bertanding. Bek Billy Joe Burns mengambil alih tugas menjadi kiper di dua tendangan penutup.

Crusaders akhirnya takluk 5-6 setelah usaha Gary Thompson mengenai mistar.

James Corcoran saat membela Timnas Republik Irlandia pada perempat final Piala Eropa U-17 2018 melawan Belanda mengalami nasib serupa seperti Marumo dan Tuffey. Timnya pun takluk 4-5.

Begitu pula penjaga gawang Orlando City Pedro Gallese di play-off MLS 2019 kontra New York FC. Namun, tidak seperti tiga koleganya, Galesse mengalami nasib lebih beruntung.

Ulahnya diusir wasit di adu penalti tidak berbuah kekalahan. Orlando City coba memasukkan kiper pengganti Brian Rowe tapi dilarang wasit karena ilegal.

Bek Rodrigo Schlegel akhirnya menjadi kiper dadakan. Hebatnya, dia sukses menggagalkan tendangan Gudmundur Thorarinsson dan membawa Orlando City menang 6-5.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.