Sukses

Sir Jim Ratcliffe Pede Kalahkan Investor Qatar dalam Pembelian MU, Ini Alasannya

Sir Jim Ratcliffe lewat perusahaannya INEOS sudah mengajukan penawaran untuk memiliki saham mayoritas MU. Dia siap bersaing lawan investor Qatar.

Liputan6.com, Jakarta Sir Jim Ratcliffe lewat perusahaannya INEOS sudah mengajukan penawaran formal untuk membeli Manchester United. Jim meyakini bakal menang di pembelian MU.

Soalnya, dia yang juga fans berat Man Utd punya misi untuk merestorasi klub agar memiliki ketertkatan lebih baik dengan kota Manchester . Sebelumnya, seluruh peminat diberi batas waktu hingga Jumat (17/2/2023) lalu untuk mengajukan proposal penawaran kepada Raine Group.

Inilah perwakilan MU yang ditunjuk oleh keluarga Glazers. Ada dua peminat yang sudah mengajukan proposal yaitu Jim Ratcliffe dan Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani, salah satu pemilik bank terbesar di Qatar.

Konon, seperti dilansir Metro, investor Qatar tak memberikan penawaran sesuai yang diharapkan. Selain itu, Qatar juga mendapatkan protes keras dari komunitas LGBTQ di Inggris.

Inilah yang membuat Jim lewat INEOS berada di atas angin. Pengusaha asal Inggris itu menegaskan harus mengembalikan MU kepada fans dan komunitas.

"Kami bisa memastikan Sir Jim Ratchliffe dan INEOS sudah mengajukan penawaran untuk memiliki saham mayoritas Manchester United Football Clu," begitu pernyataan resmi INEOS.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jangka Panjang

 

INEOS mengatakan misi mereka tak hanya memiliki saham MU. Namun Jim ingin menatap rencana jangka panjang dengan MU.

"Kami menganggap peran kami di sini sebagai penjaga MU di masa mendatang atas nama fans dan komunitas yang lebih luas," bunyi pernyataan INEOS lagi.

"Kami ambisius dan kompetitif. Kami ingin investasi di Manchester United dan menjadikan klub ini nomor satu di dunia."

 

3 dari 5 halaman

Pernyataan Investor Qatar

 

Sementara itu, investor Qatar memiliki niat untuk menguasai seluruh saham. Investor Qatar ingin memiliki 100 persen saham MU.

"Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani hari ini memastikan sudah ajukan penawaran untuk memiliki 100 persen Manchester United," bunyi pernyataan investor dari Qatar.

"Penawaran kami bertujuan untuk mengembalikkan klub ke kejayaan sebelumnya baik di dalam atau luar lapangan. Penawaran ini juga bebas utang karena dibayar lewat yayasan Sheikh Jassim Nine Two Foundation

4 dari 5 halaman

Tak Ulangi Kesalahan Glazers

Pernyataan Ineos ini untuk meyakinkan fans MU tidak akan mengulangi kesalahan keluarga Glazer. Selama ini fans membenci keluarga Glazer karena dinilai cuma cari cuan saja. Harga tiket dinaikkan tapi prestasi tim malah terus merosot.

Fans MU kerap melakukan demonstrasi menuntut agar keluarga Glazer segera lengser. Keinginan tersebut akhirnya terkabul pada November 2022. Keluarg Glazer mengumumkan akan menjual kepemilikan mayoritas klub.

5 dari 5 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • Qatar ialah sebuah emirat di Timur Tengah yang terletak di semenanjung kecil Jazirah Arab
    Qatar ialah sebuah emirat di Timur Tengah yang terletak di semenanjung kecil Jazirah Arab

    Qatar

  • Sir Jim Ratcliffe