Sukses

Benny Dollo Meninggal Dunia, Intip Foto-Foto Kenangan Masa Mudanya

Mantan pelatih timnas Indonesia, Benny Dollo meninggal dunia, Rabu malam (1/2/2023).

Liputan6.com, Jakarta Awan kelabu tengah menyelimuti sepak bola Indonesia. Salah seorang pelatih terbaik Tanah Air, yakni Benny Dollo meninggal dunia pada Rabu malam (1/2/2023).

Mantan pelatih timnas Indonesia itu tutup usia pada pukul 20.45 WIB di RSUD Tangerang Selatan, Banten. Bendol-sapaan akrabnya-meninggal di usia 72 tahun.

Benny Dolo meninggal setelah sempat dirawat selama 4 hari. Pria yang akrab disapa Bendol tersebut meninggalkan seorang istri, 2 anak, dan dua cucu.

Bendo lahir di Manadao, pada 22 September 1950 dengan nama Benny Selvianus Dolo. Meski demikian publik lebih mengenalnya dengan nama Benny Dollo.

Bendol selama ini dikenal sebagai pelatih bertangan dingin. Semasa hidupnya, pria asal Manado tersebut telah menangani sederet klub elite di Tanah Air.

Di era 1980, Benny Dolo pernah menukangi tim legendaris Jakarta, UMS. Dia kemudian dipercaya menangani tim-tim sekelas Pelita Jaya, Persita Tangerang, Persitara, Persma Manado, Arema Malang, Persija Jakarta, Mitra Kukar, hingga Sriwijaya FC.

Dari perjalanan tersebut, sosok yang akrab disapa Bendol ini meraup sejumlah gelar. Di antaranya membawa Pelita Jaya juara sebanyak tiga kali.

Bendol juga membantu Arema Malang menjuarai Liga Indonesia 2004 serta Copa Indonesia 2005 dan 2006. Dengan catatan ini, Bendol jadi salah satu pelatih lokal yang berprestasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Menangani Timnas

Benny Dollo juga pernah melatih Timnas Indonesia dalam dua periode, salah satunya di Piala AFF 2008. Kala itu Tim Garuda disingkirkan Thailand di semifinal.

Sosok kelahiran Manado ini juga melatih tim U-23 yang tampil di SEA Games 2001. Kembali Thailand menjegal ambisinya membawa tanah kelahiran berjaya pada semifinal.

Dalam kiprahnya ini, Bendol mempersembahkan Piala Kemerdekaan 2008 bagi Indonesia.

 

3 dari 7 halaman

Foto-Foto Kenangan Benny Dolo

Perjalanan karier Bendol terekam dalam deretan foto yang terpajang di rumahnya, di Pamulang Permai 1, Tangerang Selatan. Beberapa di antaranya memperlihatkan sosok Bendol saat masih muda.

Seperti apa penampakannya? Intip foto-foto kenangan Benny Dolo di halaman selanjutnya.

 

4 dari 7 halaman

Foto Kesebelasan

Menurut keponakannya, Jerry Simon, Bendol juga sempat bermain sebagai bek kiri tim UMS. Kenang-kenangan itu juga tersimpan lewat salah satu foto yang terpajang di dinding rumahnya.

"Om Benny yang berdiri kedua dari kanan," ujar Jerry saat foto ini ditunjukkan kepadanya.

 

5 dari 7 halaman

Trip ke Belanda

Salah satu foto yang terpampang di kediaman Benny Dolo memperlihatkan momen saat dirinya tengah melakukan perjalanan ke Amsterdam, Belanda, pada tahun 1989. 

6 dari 7 halaman

Foto Lainnya

7 dari 7 halaman

Dimakamkan Sabtu, 4 Februari 2023

Jenazah Benny Dolo tiba di rumah duka kompleks Pamulang Permai 1, Tangsel, sekitar pukul 00.26, Kamis (2/2/2023). Keluarga dekat dan tetangga tampak berkumpul menyambut kepulangan mendiang Bendol. 

Setelah jenazah tiba di rumah duka, pihak keluarga menggelar kebaktian singkat diiringi isak tangis keluarga. Rencananya, Benny Dolo akan dimakamkan di TPU Astanaraga, Pamulang 2, Sabtu (4/2/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.