Sukses

Bertemu Brasil di 16 Besar Piala Dunia 2022, Son: Korsel Bakal Membuat Kejutan Lainnya

Liputan6.com, Jakarta Kejutan Korea Selatan menutup babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 Qatar. Korsel yang menempati dasar klasemen Grup H dengan poin satu sukses melaju ke 16 besar usai mengalahkan Portugal 2-1 di Stadion Education City, Jumat (2/12/2022).

Bak drama Korea (drakor) untuk lolos dari penyisihan grup. Dramatis karena kemenangan Korsel ditentukan striker Hwang Hee-chan yang mencetak gol pada injury time. Ini juga menjadi salah satu kejutan di Piala Dunia karena tim nonunggulan bisa menaklukkan Portugal.

Kemenangan itu menjadikan Korsel memiliki poin empat. Poin mereka sama dengan Uruguay yang di saat bersamaan menang 2-0 atas Ghana.

Namun selisih gol Korsel lebih baik ketimbang Uruguay. Buntutnya, Uruguay terpaksa mengikuti jejak tim unggulan lainnya, Jerman, yang pulang kampung lebih cepat meski memenangkan pertandingan itu.

Korsel pun menduduki peringkat dua sekaligus menjadi tim Asia ketiga setelah Australia dan Jepang yang lolos ke babak knockout. Sementara, Portugal tetap menjadi juara grup meski kalah dari Korsel.

Sukses Korsel juga menjadi catatan sejarah Piala Dunia. Pasalnya untuk kali pertama ada tiga wakil Asia yang lolos dari penyisihan grup.

Meski meraih hasil yang luar biasa, Korsel tak larut dengan pesta kemenangan. Kapten Son Heung-min menuturkan tim pantas mendapat apresiasi atas keberhasilan melewati grup neraka karena bersaing di antara dua raksasa, Portugal dan Uruguay. Namun dirinya mengingatkan tim masih akan menjalani laga penting di setiap babak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Belum Berakhir

"Ini sungguh luar biasa, tetapi belum berakhir. Kami sudah mencapai babak 16 besar. Tetapi untuk melewati babak itu, kami harus bekerja lebih keras. Kami memang merasakan suka cita dan ini kemenangan yang penuh emosi. Meski demikian, kami harus menekan tombol reset dan mulai lagi dari awal," kata Son seperti dikutip The Korea Herald.

Son tak ingin tim terlena setelah melewati babak penyisihan. Apalagi, Korsel menghadapi lawan yang tidak kalah berat, Brasil. Juara dunia lima kali yang tampil sebagai juara Grup G akan menjadi lawan Korsel di Stadion 974, Doha, Selasa (6/12/2022) dini hari WIB.

Laga yang tak mudah karena tim asuhan Paulo Bento menghadapi unggulan utama di Piala Dunia. Son pun berharap Korsel kembali membuat keajaiban karena bisa lolos ke perempat final.

"Sulit memastikan sampai sejauh mana kami melangkah. Tentu kami sangat ingin memenangi Piala Dunia. Tetapi yang paling penting kami tampil sebaik mungkin di setiap pertandingan. Dan, hasil yang akan mengikuti," ujar pemain depan Tottenham Hotspur itu.

 

3 dari 4 halaman

Keajaiban Berikutnya

"Sekali lagi kami ingin membuat keajaiban berikutnya. Saya sudah menunggu lama momen seperti ini. Dan, saya yakin kami bisa melakukannya," katanya lebih lanjut.

Brasil memang akan menjadi ujian paling berat Korsel. Namun, Selecao sesungguhnya belum menunjukkan performa terbaik di Piala Dunia. Tim asuhan Tite hanya mencetak tiga gol dari tiga pertandingan. Pada laga terakhir, Brasil kalah 1-0 dari Kamerun.

Meski demikian, mereka tetap menjadi juara grup dengan enam poin. Sama dengan Swiss yang menduduki peringkat dua, namun Brasil unggul selisih gol.

Pada pertemuan terakhir kedua tim di sebuah uji coba di Seoul, Juni 2022, Korsel sama sekali tak berkutik. Mereka kesulitan menghadapi pressing tinggi Brasil sehingga kalah telak 5-1.

4 dari 4 halaman

Bek Tengah

Repotnya lagi, Korsel bakal kehilangan bek tengah andalan Kim Min-jae yang mengalami cedera betis kanan. Cedera yang membuat dia absen saat melawan Portugal.

Tak bisa menurunkan skuad terbaik tak menjadikan Korsel kehilangan keyakinan mengalahkan Brasil. Striker Hwang Hee-chan tegaskan Korsel siap mengejutkan lawan.

"Hanya karena kami menghadapi Brasil, ini tidak berarti kami senang lolos ke babak knockout," kata Hwang yang mencetak gol penentu kemenangan Korsel saat melawan Portugal.

"Kami ingin bermain baik dan memenangkan pertandingan untuk fans," ucap dia.

Brasil sendiri tetap menjadi unggulan. Apalagi, sang bintang Neymar kemungkinan besar kembali bisa bermain.

Pemain depan Paris Saint-Germain ini mengalami cedera engkel di laga pertama Piala Dunia. Cedera itu membuat dia absen pada dua pertandingan berikutnya.

 

Kabar terakhir, Neymar sudah menjalani latihan. Dirinya kemungkinan bisa tampil melawan Korsel.

Sebaliknya, striker Gabriel Jesus dan bek Alex Telles kehilangan kesempatan tetap berkiprah di Piala Dunia. Mereka sama-sama mengalami cedera lutut di pertandingan melawan Kamerun.

“Pemain Alex Telles dan Gabriel Jesus menjalani tes. Dari hasil pemindaian pada lutut kanan, cedera yang dialami tidak memungkinkan untuk tetap berpartisipasi di Piala Dunia 2022 Qatar,” demikian pernyataan resmi federasi sepakbola Brasil.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS