Sukses

Jangan Sampai Kelewatan, 5 Fakta Top Piala Dunia 2022 Qatar

Liputan6.com, Jakarta - Berlangsung sejak 1930, Piala Dunia  menjadi kompetisi sepak bola paling top di dunia. Tahun ini Qatar menjadi tuan rumah untuk kali pertama. Sebanyak 32 tim akan berlaga sejak babak penyisihan. Tak hanya pemain dan para penyelenggara yang sibuk, penggemar pun demikian mewarnai perhelatan ini. 

Piala Dunia seperti magnet. Kompetisi ini tampaknya mendekatkan semua kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa hingga lansia. Menyatukan perbedaan. Mulai dari pecinta sepak bola hingga orang awam di berbagai kesempatan dan kegiatan. Bagi para awam, tidak ada salahnya untuk mengenal lebih dalam Piala Dunia. Terlebih lagi masa-masa ini demam Piala Dunia 2022 di Qatar sedang hangat-hangatnya. 

Lantas, ada fakta-fakta apa saja yang harus Anda ketahui mengenai Piala Dunia 2022? Jangan sampai kelewatan! Yuk, intip sederet fakta top dan menarik dari Piala Dunia FIFA 2022 Qatar berikut ini!

1. Edisi Pertama di Negara Timur Tengah

Qatar menjadi negara Timur Tengah pertama yang berkesempatan menjadi tuan rumah penyelenggara Piala Dunia 2022. Selain itu, Qatar pun tercatat sebagai negara Asia kedua yang menjadi tuan rumah pertandingan tersebut setelah Piala Dunia 2022 di Korea Selatan dan Jepang. Segala kegiatan dalam Piala Dunia 2022 tak lupa memasukkan unsur-unsur kebudayaan khas Qatar. Kesempatan emas bagi negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia ini untuk unjuk gigi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

2. Piala Dunia FIFA Pertama di Musim Dingin

Untuk menghindari panas teriknya Qatar yang bisa mencapai 42 derajat maka turnamen diadakan pada musim dingin. Musim ini berlangsung dari bulan November hingga pertengahan bulan Desember. Hal ini menjadi catatan sejarah baru dalam Piala Dunia. Dalam edisi-edisi sebelumnya, pertandingan Piala Dunia biasanya diadakan pada bulan Juni dan bulan Juli.

3 dari 5 halaman

3. Penampilan Terakhir Kambing Sepak Bola di Piala Dunia

Piala Dunia 2022 menjadi penampilan terakhir dua kambing sepak bola, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo berlaga dalam kompetisi ini. Selama lebih dari satu dekade, nama keduanya telah mendominasi dunia sepak bola di kancah internasional. Keduanya selalu jadi senjata kuat bagi tim dalam berbagai laga.

4 dari 5 halaman

4. Berbasis Teknologi Mutakhir

Piala Dunia 2022 dipersiapkan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. FIFA menggunakan Semi-Automated Offside Technology untuk memaksimalkan pertandingan. Salah satunya dengan memasang 12 kamera multi pelacak dipasang di atap setiap stadion. Teknologi ini berfungsi untuk melacak bola dan pergerakan setiap pemain.

5 dari 5 halaman

5. Piala Dunia Termahal dalam Sejarah FIFA

Persiapan Piala Dunia 2022 tidak main-main. Qatar menggelontorkan dana sekitar 220 miliar dolar untuk menjadi tuan rumah. Dana tersebut dialirkan untuk membangun stadion baru dan renovasi stadion lama serta memperbaiki infrastruktur negara. Hal ini menjadikan edisi ini sebagai Piala Dunia termahal sepanjang sejarah sepak bola FIFA.

 

Penulis: Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS