Sukses

Top 3 Berita Bola: FIFA Umumkan Aturan Baru Soal Ketentuan Pemain Jelang Piala Dunia Qatar 2022

Liputan6.com, Jakarta Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA mengumumkan aturan baru jelang bergulirnya Piala Dunia Qatar 2022 yang berlangsung 21 November hingga 18 Desember. Aturan baru itu menyebutkan bahwa setiap tim bisa mendaftarkan 26 pemain ke turnamen Piala Dunia 2022. Pada edisi-edisi sebelumnya, hanya dibolehkan untuk mendapaftar 23 pemain.

FIFA memutuskan aturan baru ini, karena waktu turnamen yang tidak biasa dan adanya dampak pandemi Covid-19 yang dirasakan tim saat perhelatan Piala Dunia Qatar.

"Mengingat kebutuhan untuk mempertahankan fleksibilitas peserta, karena waktu yang tidak biasa dari Piala Dunia FIFA 2022 dalam kalender global, serta konteks yang lebih luas dari efek yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 pada skuad sebelumnya," tulis pernyataan FIFA dikutip dari laman resmi.

Selain itu, setiap timnas bisa mendaftarkan dulu sekitar 55 nama di skuat pre-eliminasi sebelum dipangkas menjadi setengahnya. Pendaftaran pemain akan ditutup 13 November, yang jadi batas terakhir liga-liga di seluruh dunia sebelum ditangguhkan sementara.

Pemain yang diketahui positif terpapar Covid-19 selama turnamen berlangsung akan dikarantina lebih dulu di Doha dan tidak dipulangkan langsung. Pergantian lima pemain juga akan diterapkan di Piala Dunia 2022.

Simak top 3 berita bola di Liputan6.com dalam kurun 24 jam terakhir di halaman selanjutnya:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

1. Pemain Arsenal Paling Diuntungkan Jelang Piala Dunia Qatar 2022, Kok Bisa?

Jelang bergulirnya Piala Dunia Qatar 2022 yang berlangsung 21 November hingga 18 Desember, FIFA mengumumkan aturan baru untuk diterapkan. FIFA mengumumkan bahwa setiap tim bisa mendaftarkan 26 pemain ke turnamen Piala Dunia 2022.

Aturan baru ini dibuat lantaran waktu turnamen yang tidak biasa dan adanya dampak pandemi Covid-19 terhadap tim saat perhelatan Piala Dunia Qatar. Pada edisi-edisi sebelumnya, setiap tim hanya dibolehkan untuk mendapaftar 23 pemain.

"Mengingat kebutuhan untuk mempertahankan fleksibilitas peserta, karena waktu yang tidak biasa dari Piala Dunia FIFA 2022 dalam kalender global, serta konteks yang lebih luas dari efek yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 pada skuad sebelumnya," tulis pernyataan FIFA dikutip dari laman resmi.

Selengkapnya

3 dari 4 halaman

2. Juventus dan Allegri Penghancur Karier, Mantan Pemain Bersyukur Bisa Segera Angkat Kaki

Satu lagi mantan pemain Juventus bersyukur bisa segera angkat kaki dari Allianz Stadium. Mereka kompak menilai Juventus dan pelatih Massimiliano Allegri penghancur karier dan kuburan bagi para pemain.

Setelah Matthijs de Ligt dan Denis Zakaria, kini giliran winger Dejan Kulusevski yang mensyukuri keputusannya segera berganti klub dan pindah ke Liga Inggris membela Tottenham Hotspur.

Selengkapnya

4 dari 4 halaman

3. Dicoret Timnas Mesir, Mohamed Salah Pulang ke Liverpool Lebih Awal

Mohamed Salah diatur untuk kembali lebih awal ke Liverpool setelah selesai bertugas bersama Timnas Mesir. Pemain berusia 30 tahun itu, tampil mengesankan saat membela negaranya.

Salah mencetak dua gol untuk membantu negaranya mengalahkan Niger 3-0 dalam pertandingan persahabatan pada Jumat pekan lalu. Rencananya, bintang Liga Inggris ini akan terlibat lagi dalam laga persahabatan lawan Liberia, Selasa (26/9/2022).

Selengkapnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.