Sukses

BRI Liga 1: Jelang Lawan Persib, Persija Siapkan Program Latihan Ini

Liputan6.com, Jakarta Persija Jakarta memungkasi pekan ke-10 BRI Liga 1 dengan hasil imbang 0-0 lawan Madura United. Duel yang berlangsung di stadion Patriot Candrabaga, Bekasi, Sabtu (17/9/2022) itu membuat Persija naik ke posisi 4 klasemen sementara Liga 1.

Kini, Persija meliburkan skuatnya selama 3 hari.Tapi, durasi tiga hari ini bukan berarti pemain dapat berleha-leha.

Pelatih fisik Persija, Paul Keenan, menyiapkan program latihan khusus untuk anak asuhnya. Dia ingin memanfaatkan momen ini dengan memberikan porsi latihan yang disesuaikan dengan kondisi setiap pemain.

Tujuannya agar kondisi pemain siap saat melakukan latihan kembali mulai Rabu (21/9/2022) hari ini. Persija pun menggeber persiapan jelang duel klasik lawan Persib awal bulan Oktober nanti.

"Karena ini adalah jeda pertama setelah pramusim dan tim ini melakoni enam laga dalam empat minggu, jadi kami memutuskan untuk meliburkan pemain dalam tiga hari," katanya seperti dilansir situs Persija.

"Mereka memerlukan regenerasi dalam tiga hari ini. Tapi saya menyiapkan program latihan untuk setiap pemain berdasarkan kebutuhan para pemain selama hari libur," Paul menambahkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Adaptasi

 

Mantan pelatih fisik Timnas Siprus itu mengatakan program latihan dibuat karena pemain harus menyiapkan fisiknya sebelum melakukan latihan di minggu ini.

“ini semua dilakukan karena saat mereka melakukan latihan kembali di Sawangan, siklus latihan akan lebih berat dan mereka memerlukan adaptasi," katanya.

"Maka dari itu saya membuat program untuk para pemain. Saat hari pemulihan, program latihan pun berfungsi untuk meningkatkan respon hormonal para pemain," dia menambahkan.

 

3 dari 6 halaman

Lawan Persib

 

Sementara itu, latihan pekan ini menjadi bagian awal dalam menyambut laga terdekat, yaitu bertandang ke markas Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Minggu (2/10/2022) pukul 20.00 WIB. Ini menjadi duel berat dan penuh gengsi.

"Saya buat porsi latihan sesuai kebutuhan mereka, tergantung dengan menit bermain ataupun status cedera mereka. Contohnya Hansamu (Yama) hanya melakukan latihan tubuh bagian bawah karena dia sempat cedera di bagian kaki," ujarnya.

"Contoh lainnya adalah Hamra (Hehanusa) yang harus melakukan latihan seluruh tubuh karena dia belum mempunyai menit bermain dan sempat mengalami cedera pada bahunya," Paul menambahkan.

 

4 dari 6 halaman

Ditinggal Ismed Sofyan

Persija Jakarta ditinggal salah satu pemain veterannya. Ismed Sofyan yang sudah memperkuat Macan Kemayoran selama 21 tahun telah mengumumkan perpisahan melalui akun Instagram-nya, Selasa malam (13/9/2022). 

Dalam unggahannya, Ismed mengaku sudah bukan pemain Persija lagi sejak 11 Agustus 2022. Meski demikian, dia belum memutuskan gantung sepatu dan akan tetap bermain sepak bola, tapi bukan di tim yang sama. 

"Meninggalkan atau ditinggalkan itu sudah menjadi siklus kehidupan. Berbeda cara akan berbeda makna. Hanya saja itu semua sudah berdasarkan ketetapan-Nya.Kalimat sederhana ini saya harap bisa tersampaikan kepada kalian semua yang sudah men-support saya sampai detik ini. Atas izin Allah melalui kalian saya bisa sampai seperti saat ini, dan juga atas dukungan tulus kalian saya masih berada di sini,"ujar Ismed mengawali tulisannya di IG. 

"Saya akan langsung pada intinya,Status saya sudah bukan sebagai pemain persija lagi per tanggal 11 Agustus, dan sudah menyelesaikan kontrak dengan tim manajemen," sambung pria berusia 43 tahun itu.

"Saya memohon maaf karena tidak bisa membuat perpisahan yang meninggalkan kesan," Ismed menambahkan.  

5 dari 6 halaman

Terima Kasih Jakmania

Pada kesempatan yang sama, Ismed juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada para pendukung Persija, The Jakmania. Dia berharap, kebersamaan yang sudah dijalani selama ini tetap terjaga hingga ke depannya. 

"The Jak, 21 tahun bukanlah waktu yg singkat bagi saya selalu berada bersama kalian. Suka duka tim ini sudah kita lewati bersama. Tetaplah seperti ini terhadap klub bola yang kalian cintai," tulis Ismed. 

"Selalu memberi support untuk siapapun pemain yang berjuang di tim ini. Tetaplah menjaga solidaritas, semakin bijak dalam memberi aspirasi, dan menjadi suporter yg dewasa dalam membela tim kecintaannya," sambungnya. 

"Sekali lagi Terimakasih banyak Jakmania dukungan kalian selalu luar biasa."

6 dari 6 halaman

Peringkat

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS