Sukses

Duel Brasil Vs Argentina di Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang Tertunda karena COVID-19 Akhirnya Resmi Dibatalkan

Liputan6.com, Jakarta FIFA akhirnya membatalkan laga kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Brasil Vs Argentina. Pertandingan yang seharusnya berlangsung September 2021 itu sebelumnya sempat ditunda gara-gara masalah COVID-19.

Pertandingan ini telah dihentikan tidak lama setelah kick off. Itu setelah otoritas kesehatan Brasil masuk ke lapangan dan menyatakan empat pemain timnas Argentina telah melanggar protokol COVID-19.

Meski timnas Brasil dan Argentina sama-sama telah lolos ke Piala Dunia Qatar 2022, FIFA tetap menjadwal ulang laga tersebut bulan depan. Keputusan ini kemudian ditentang oleh kedua negara karena partai ulangan berdekatan dengan babak utama Piala Dunia 2022 sehingga rentan menyebabkan cedera pemain.

Pada Februari lalu, FIFA menyatakan duel Brasil Vs timnas Argentina digeser ke bulan Mei 2022. FIFA menolak banding kedua federasi untuk membatalkan laga itu dan menjatuhkan denda ratusan ribu USD. 

Brasil dan Argentina lalu menempuh jalur pengadilan arbtirase olahraga (CAS) untuk menyelesaikannya. Kedua negara merasa tidak perlu lagi memainkan pertandingan ulangan mengingat posisi mereka yang sudah pasti lolos ke babak utama Piala Dunia 2022 sebagai wakil Amerika Selatan. 

Ketiga pihak kemudian dipanggil dan akhirnya sepakat untuk meniadakan laga ulangan tersebut. 

"Pertandingan Brasil-Argentina tidak akan dimainkan," kata Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) dan Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) dalam pernyataan bersama seperti dilansir dari news18.com.

"AFA, CBF dan FIFA telah menyelesaikan perselisihan di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS)."

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Akhiri Penantian 20 Tahun

Sementara itu, Piala Dunia 2022 akan berlangsung di Qatar pada bulan November mendatang. Brasil yang belum pernah mengangkat trofi sejak 2002 lalu sangat berambisi bisa memenangkan turnamen akbar ini. 

Saat menjadi tuan rumah pada tahun 2014 lalu, Brasil sempat tampil mengesankan. Sayang, langkah Tim Samba terhenti di babak semifinal oleh tim Jerman. Sementara sang rival, Argentina terhenti di final.  

Pada Piala Dunia 2022, timnas Argentina akan bergabung di grup C bersama Meksiko, Polandia, dan Arab Saudi. Sementara timnas Brasil berada di Grup G bersama Serbia, Swiss, dan Kamerun. 

3 dari 4 halaman

Kostar Rika Lengkapi Slot

Sebanyak 32 tim telah memastikan lolos ke turnamen terbesar sepak bola dunia tersebut. Kosta Rika melengkapi slot peserta di babak utama yang akan berlangsung pada bulan November-Desember 2022.

Kosta Rika lolos ke World Cup Qatar usai menang 1-0 atas Selandia Baru pada playoff kualifikasi Piala Dunia 2022, Rabu dini hari WIB (15/6/2022) di Al Rayyan Stadium, Qatar.

Kemenangan Kosta Rika ditentukan gol cepat Joel Campbell saat laga baru berlangsung 3 menit. Campbell mencetak gol usai memanfaatkan umpan J Bennette.

Kosta Rika masuk grup neraka yaitu grup E di Piala Dunia 2022 nanti. Mereka satu grup dengan Spanyol, Jerman dan juga Jepang.

Sekadar catatan, Kosta Rika melengkapi 3 negara yang harus melewati jalur playoff ke Piala Dunia. Sebelumnya, ada Wales yang menang atas Ukraina. Kemudian ada juga Australia yang lolos dramatis usai kalahkan Peru 5-4 lewat adu penalti.

Sebelumnya, Australia menjadi tim terbaru yang mengamankan tiket lolos. Pada laga di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Selasa 14 Juni 2022, Soceroos dipaksa bekerja keras sebelum menyingkirkan Peru yang menjadi wakil dari zona CONMEBOL.

Berikut adalah daftar negara yang lolos ke Piala Dunia 2022

Tuan rumah: Qatar

Wakil Eropa (13): Jerman, Denmark, Prancis, Belgia, Kroasia, Spanyol, Serbia, Inggris, Swiss, Belanda, Portugal, Polandia, Wales.

Amerika Selatan (5): Brasil, Argentina, Ekuador, Uruguay.

Amerika Utara (4): Kanada, Meksiko, Amerika Serikat, Kosta Rika.

Afrika (5): Ghana, Senegal, Tunisia, Maroko, Kamerun.

Asia (5): Iran, Korea Selatan, Jepang, Arab Saudi, Australia.

FOTO: SCM Umumkan Deretan Sponsor

4 dari 4 halaman

Pembagian Grup

Grup A: Qatar, Belanda, Senegal, Ekuador

Grup B: Inggris, Amerika Serikat, Iran, Wales

Grup C: Argentina, Mexico, Polandia, Arab Saudi

Grup D: Prancis, Denmark, Tunisia, Australia

Grup E: Spanyol, Jerman, Jepang, Kosta Rika

Grup F: Belgium, Kroasia, Maroko, Kanada

Grup G: Brasil, Swiss, Serbia, Kamerun

Grup H: Portugal, Uruguay, Korea Selatan, Ghana

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS