Sukses

6 Tim Favorit Juara Piala Dunia 2022 Versi Pelatih Real Madrid

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti mengungkap enam tim favorit untuk jadi juaa Piala Dunia 2022 Qatar.

Piala Dunia 2022 tinggal menyisakan tiga bulan lagi. Ajang empat tahunan ini bakal berlansung pada 20 November hingga 18 Desember.

Tak seperti biasanya, Piala Dunia kali ini dihelat untuk pertama kali pada musim dingin. Hal itu lantaran iklim dan cuaca di negara Timur Tengah tersebut.

Prancis akan datang ke Qatar sebagai juara bertahan. Pada Piala Dunia 2018 di Rusia, Les Bleus mengalahkan Kroasia dengan skor 4-2.

Prancis pun difavoritkan Carlo Ancelotti mampu mempertahankan gelarnya di Piala Dunia 2022.

Selain itu, juru taktik asal Italia tersebut memfavoritkan Brasil dan Argentina. Menurut Anceloti, Prancis Brasil, dan Argentina memiliki kekuatan yang merata di setiap lini.

"Brasil, dan Prancis adalah tim terkuat. Kekuatan mereka merata di semua lini. Kemudian, saya akan menunjuk Argentina," kata Ancelotti, dilansir Il Messaggero

"Tentu saja, di sana ada Lionel Messi yang selalu bisa jadi pembeda," ujar Ancelotti, menambahkan.

Tak sampai di situ, Ancelotti juga menyebut tiga tim yang menurutnya saat ini memiliki perkembangan cukup baik.

Salah satunya adalah Jerman, yang pada Piala Dunia 2018 lalu gagal total setelah tersingkir di fae grup.

"Spanyol adalah negara besar yang juga harus diwaspadai. Saya juga akan menambahkan Inggris, dan Jerman, dua tim yang sedang terus memperbaiki diri, dan berkembang," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Dampak Piala Dunia 2022

Ancelotti juga mengomentari helatan Piala Dunia di musim dingin. Menurutnya, jadwal Liga domestik di Spanyol, dan juga di berbagai negara lain, akan terkena imbasnya.

"Pasca-Piala Dunia adalah tanda tanya yang sebenarnya. Masalah utama bukanlah persiapan yang akan dibuat ulang, tetapi aspek mental. Biasanya, setelah turnamen level ini, para pemain pergi berlibur, tapi kali ini mereka harus kembali ke markas dan kembali bekerja," kata Ancelotti.

"Jadi ada alur yang berkelanjutan, tanpa jeda yang cukup untuk beristirahat. Dan ini adalah pertanyaan sebenarnya: bagaimana kesehatan fisik dan mental mereka ketika kejuaraan dimulai lagi?," ucapnya.

3 dari 5 halaman

Italia Tidak Lolos

Di Piala Duia 2022, Ancelotti tidak akan bisa melihat negaranya, Italia berlaga karena tidak lolos kualifikasi.

Timnas Italia gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar setelah dikalahkan Macedonia Utara 0-1 di babak semifinal playoff zona Eropa pada Maret lalu.

Dengan begitu, tahun ini menjadi kedua kalinya berturut-turut Negeri Piza tak mentas di Piala Dunia. Sebelumnya, mereka juga gagal lolos ke Rusia pada edisi 2018.

Fakta ini tentu mengejutkan karena Italia merupakan peraih empat gelar Piala Dunia yang menempatkan mereka di peringkat kedua di bawah Brasil yang menjadi tim paling banyak menjadi juara dengan lima trofi.

4 dari 5 halaman

Daftar 32 Tim yang Lolos ke Piala Dunia 2022

Tuan rumah: Qatar

Wakil Eropa (13): Jerman, Denmark, Prancis, Belgia, Kroasia, Spanyol, Serbia, Inggris, Swiss, Belanda, Portugal, Polandia, Wales.

Amerika Selatan (5): Brasil, Argentina, Ekuador, Uruguay.

Amerika Utara (4): Kanada, Meksiko, Amerika Serikat, Kosta Rika.

Afrika (5): Ghana, Senegal, Tunisia, Maroko, Kamerun.

Asia (5): Iran, Korea Selatan, Jepang, Arab Saudi, Australia.

5 dari 5 halaman

Emtek Group

SCM (Surya Citra Media Tbk.) selaku holding perusahaan di bawah Emtek Grup yang memegang hak siar Piala Dunia 2022 bakal memanjakan pecinta bola di Indonesia dengan berbagai tayangan seru selama perhelatan ajang empat tahunan tersebut di Qatar. Berbagai program sudah disiapkan.

Seperti diketahui, Piala Dunia 2022 akan tayang di berbagai platform milik Emtek Grup. Untuk televisi free to air, Piala Dunia 2022 bisa disaksikan di SCTV, Indosiar, dan O Channel. Kemudian ada juga TV terestrial digital Mentari TV.

Tayanan Piala Dunia juga bisa disaksikan lewat saluran khusus olahraga Champions TV yang bisa disaksikan pada layanan TV satelit berlangganan Nex Parabola, hingga layanan OTT (Over The Top) Vidio.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS