Sukses

Tenda Raksasa di Piala Dunia 2022 Qatar, Al-Bayt Stadium

Liputan6.com, Jakarta Jika bicara Piala Dunia, akan ada banyak hal yang menarik dibahas. Mulai dari sejarah turnamen, tim paling sukses, hingga pemain yang bersinar di ajang empat tahunan ini.

Selain itu, stadion-stadion yang akan menghelat Piala Dunia juga tak kalah menarik untuk dibahas.

Bagaimana tidak, stadion merupakan salah satu barometer kesiapan tuan rumah untuk menggelar ajang ini.

Di Piala Dunia 2022, pemerintah Qatar telah menyiapkan delapan stadion. Ada yang dibangun khusus, ada pula yang dipugar agar lebih kinclong saat turnamen berlangsung.

Satu di antara stadion yang dibangun khusus untuk Piala Dunia 2022 Qatar adalah Al-Bayt Stadium. Venue ini merupakan salah satu stadion dengan atap yang bisa dibuka.

Al-Bayt Stadium dibangun untuk menampung 60 ribu penonton. Terletak di Al-Khor yang berjarak sekitar 35 km dari Doha.

Stadion ini akan menggelar laga pembuka. Diresmikan pada November 2021, dirancang seperti tenda tradisional yang digunakan di Timur Tengah.

Stadion ini mengambil nama dari bayt al sha'a atau tenda yang secara historis digunakan oleh orang-orang nomaden di Qatar dan kawasan Teluk.

Sama dengan keramahan Qatar yang terkenal, Stadion Al Bayt siap menyambut tamu dari jauh, menghibur mereka dan mengundang pendatang untuk merasakan budaya tradisional Qatar.

Desain stadion ini mengkombnasikan kearifan lokal dan teknologi modern. Dengan mempertimbangkan tujuan keberlanjutan Qatar, penciptaannya akan menjadi model pembangunan hijau.

Di sekitar stadion ini juga tersedia fasilitas umum untuk masyarakat. Selain menyediakan tempat kelas satu untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022, arena ini adalah contoh cemerlang untuk pembangunan stadion di masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Kelebihan Stadion Al Bayt

Melansir Qatar2022, Stadion ini terletak di Al Khor, hanya 35 km arah utara dari Doha. Al Khor adalah kota yang terkenal dengan mutiara dan pemancingannya.

Pesona di sekitar stadion diyakini bisa menggoda orang-orang yang datang untuk menyaksikan Piala Dunia 2022.

Al Khor menyatukan budaya dan menjadikannya pilihan yang tepat untuk menjadi tuan rumah stadion Piala Dunia.

Setelah turnamen, arena akan menjangkau lebih banyak orang di seluruh dunia dengan cara yang luar biasa.

Tingkat atas tempat duduk berdesain modular akan dihilangkan setelah Piala Dunia FIFA 2022 dan diberikan kepada negara-negara berkembang yang membutuhkan infrastruktur olahraga.

3 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

Stadion Al Bayt akan menggelar sejumlah pertandingan penting di Piala Dunia 2022. Mulai dari laga-laga penyisihan grup hingga semifinal

Salah satu laga yang akan tersaji di Stadion Al Bayt adalah duel Spanyol vs Jerman dalam Grup E. Berikut adalah laga-laga Piala Dunia 2022 yang dihelat di Stadion Al Bayt:

Fase Grup

21 November 2022: Qatar vs Ekuador (Grup A)

23 November 2022: Maroko vs Kroasia (Grup F)

26 November 2022: Inggris vs Amerika Serikat (Grup B)

28 November 2022: Spanyol vs Jerman (Grup E)

29 November 2022: Belanda vs Qatar (Grup A)

2 Desember 2022: Kosta Rika vs Jerman (Grup E)

Fase Gugur

4 Desember 2022: Juara Grup B vs Runner-up Grup A (16 besar)

10 Desember 2022: Perempat final 14 Desember 2022: Semifinal

4 dari 5 halaman

Piala Dunia dengan Jumlah Stadion Paling Sedikit

Meski, Qatar cuma menyediakan 8 stadion untuk Piala Dunia 2022, seluruhnya dilengkapi dengan AC (air conditioner) untuk para penikmat sepakbola yang nantinya datang berkunjung.

Qatar menggunakan teknologi ramah lingkungan untuk mendinginkan stadion di mana teknologi seperti ini juga dapat diterapkan negara-negara lain di kemudian hari.

Setelah Piala Dunia, stadion ini akan diperkecil ukurannya. Mereka akan digunakan sebagai stadion permanen untuk klub regional.

Jumlah ini tentu menjadi stadion paling sedikit selama ajang Piala Dunia berlangsung beberapa tahun terakhir.

 

5 dari 5 halaman

Disiarkan Emtek Group

Piala Dunia 2022 Qatar bisa disaksikan pecinta sepakbola di Tanah Air dengan mudah.

Pasalnya, Emtek Grup sebagai pemegang hak sial bakal menghadirkan pertandingan-pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 melalui stasiun televisi Indosiar, SCTV, O Channel, Mentari TV dan live streaming Vidio. Juga di Nex Parabola dan Champions TV.

Berita-berita terbaru seputar turnamen akbar empat tahunan tersebut juga bisa didapatkan melalui bola.liputan6.com.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS