Sukses

Bola Ganjil: Tanggal Penting Jadi Nama Klub, Mulai Kedatangan Penjelajah Hingga Hari Buruh

Liputan6.com, Jakarta - Kedekatan emosional dengan komunitas membuat wilayah asal jadi identas utama bagi klub sepak bola. Setelah itu baru mereka nenambah embel-embel yang dianggap sesuai. 

Di Inggris contohnya. Mayoritas klub di sana menggunakan enam nama lain untuk melengkapi jati diri.

United merupakan salah satu nama populer. Meski para City, Rovers, Town, Albion, hingga Wanderers juga bertebaran, klub dengan identitas United seakan memiliki prestise lebih dibanding yang lain.

Bisa ditebak siapa United paling kondang. Manchester United (MU) bahkan menjadi salah satu klub dengan jumlah suporter terbanyak di seluruh dunia.

Setan Merah meraup pendukung dari berbagai penjuru muka bumi berkat keberhasilan merebut trofi serta diperkuat banyak pemain bintang.

Padahal MU bukanlah pionir terkait identitas Uniited. Adalah Sheffield United yang mencatatkan 'United' pertama pada 1889. Padahal MU berdiri 11 tahun sebelumnya, tapi kala itu masih bernama Newton Heath.

Selain wilayah asal, sejumlah klub sepak bola ternyata menggunakan definisi tidak lazim sebagai identitas, yakni tanggal. Ini adalah beberapa di antara mereka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Nama Unik

12 de Octubre Football Club berbasis Itaugua, Paraguay. Berdiri tahun 1914, mereka menggunakan 12 Oktober yang diakui sebagai hari berlabuhnya Christopher Colombus di Benua Amerika.

Di Argentina, ada tiga klub yang menggunakan 9 Juli sebagai identitas. Tanggal itu adalah hari kemerdekaan Negeri Tango dari Spanyol pada 1816. Mereka adalah Club Atletico 9 de Julio (berbasis Rafaela), Club Sportivo 9 de Julio (Rio de Torcero), dan Asociacion Deportiva 9 de Julio (Morteros).

Ada klub yang menggunakan Hari Buruh yakni 1 Mei, yakni Associacao Naval 1º de Maio (Figueira da Foz, Portugal) dan Estrela Clube Primeiro de Maio (Benguela, Angola). Sementara Korea Utara memiliki dua klub menggunakan tanggal. Kedua klub memiliki hubungan erat dengan militer yang menggunakan hari bersejarah sebagai identitas.

February 8 Sports Club merupakan pengingat untuk berdirinya Tentara Rakyat Korea tahun 1948. Sedangkan April 25 SC menandakan terbentuknya pasukan khusus untuk perang gerilya melawan Jepang pada 1932.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Kudeta Militer Brasil

Pengaruh militer juga memengaruhi kehadiran tiga klub yang menggunakan 15 November sebagai identitas. Esporte Clube XV de Novembro (Jau), Esporte Clube XV de Novembro (Piracicaba), dan Clube 15 de Novembro (Campo Bom).

Tanggal 15 November merupakan terjadinya kudeta militer yang menggulingkan kekuasaan monarki sehingga terbentuknya pemerintahan republik di Negeri Samba pada 1889.

Kebetulan, ketiga klub tersebut juga sama-sama berdiri pada 15 November meski di tahun berbeda.