Sukses

3 Faktor Penyebab Cristiano Ronaldo Ingin Tinggalkan MU

Liputan6.com, Jakarta- Megabintang Manchester United Cristiano Ronaldo pada awal Juli 2022 dikabarkan telah memutuskan pindah klub. Ronaldo sudah memberitahu MU untuk menerima tawaran yang masuk untuk dirinya di jendela transfer musim panas 2022.

Kepergian Ronaldo dari Old Trafford untuk kali kedua nampaknya hampir pasti terjadi. Jurnalis pakar transfer Fabrizio Romano sudah membenarkan Ronaldo ingin angkat kaki dari Manchester United.

Menurut Romano, keinginan Ronaldo berganti klub dipengaruhi tiga faktor. Yang pertama jelas Ronaldo masih sangat ingin bermain di arena Liga Champions. Pria Portugal itu takkan mendapatkannya di MU musim depan.

MU harus absen dari Liga Champions karena finis di luar empat besar klasemen akhir Liga Inggris 2021/2022. Setan Merah hanya akan main di kasta kedua Liga Europa.

Ronaldo tak mau harus debut di Liga Europa. Selama 19 musim beruntun, kekasih Georgina Rodriguez itu selalu main di Liga Champions.

Faktor kedua, Ronaldo tidak yakin skuad MU saat ini akan bisa bersaing dalam perburuan gelar juara musim depan. Ronaldo padahal masih sangat ingin menambah koleksi gelar juara sebelum pensiun.

2 dari 4 halaman

Ten Hag

Ronaldo sebenarnya sangat yakin dengan kehadiran manajer baru Erik ten Hag akan bisa mengangkat performa MU lagi. Ronaldo merasa Ten Hag sosok yang tepat dan menyetujui pengangkatan pria Belanda itu.

Yang membuat Ronaldo makin membulatkan tekad pindah adalah lambannya pergerakan MU di bursa transfer. Hingga 4 Juli 2022, MU belum mengumumkan satupun perekrutan pemain baru.

MU kalah cepat dibanding para rival di Liga Inggris seperti Manchester City, Liverpool, Arsenal dan Tottenham Hotspur yang sudah mampu merekrut pemain bintang.

Minimnya pembelian pemain ini jadi faktor ketiga yang menentukan keputusan Ronaldo cabut. Ronaldo melihat MU seharusnya merekrut enam sampai tujuh pemain baru di musim panas 2022. Kenyataan malah belum ada satupun yang didatangkan.

3 dari 4 halaman

Analisa Romano

“Dia benar-benar kecewa dengan situasi umum Manchester United [tetapi] di bursa transfer khususnya. Saya diberitahu bahwa Cristiano menghargai Erik ten Hag, dia yakin dia manajer yang sangat baik, orang yang tepat untuk memulai kembali proyek ini,” kata Romano.

"Tapi itu tidak bisa hanya dari manajer, itu diperlukan dari klub, dewan dan pemilik - pesan dan pernyataan yang sangat kuat di pasar. Mereka perlu merekrut pemain. Saya suka manajer, saya suka klub tapi Saya tidak merasakan ambisi, ini adalah pesan dari Cristiano."

"Cristiano sangat senang dengan beberapa pemain di tim. Tapi dia yakin bahwa beberapa pemain diperlukan - enam, tujuh pemain penting dibutuhkan di Manchester United."

 

 

4 dari 4 halaman

Klasemen