Sukses

Mengejutkan, Carles Puyol Tak Yakin Spanyol Juara Piala Dunia 2022

Puyol tak memprediksi negaranya akan menjadi juara di Piala Dunia 2022. Dia hanya yakin Spanyol mampu membuat dampak di Qatar.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan kapten Barcelona dan Spanyol Carlos Puyol menyebut Prancis sebagai favorit juara Piala Dunia 2022. Tim asuhan Didier Deschamps diunggulkan karena penampilan hebat mereka dalam beberapa tahun terakhir dan kedalaman skuad.

Skuad Prancis menjadi lebih dalam sejak mereka memenangkan Piala Dunia 2018. Kini mereka memiliki tambahan kekuatan dengan beberapa pemain muda potensial seperti Aurelien Tchouameni, Christopher Nkunku dan Eduardo Camavinga.

Mereka akan bergabung dengan pemain-pemain elit antara lain Kylian Mbappe, N'Golo Kante, Antoine Griezmann, dan Paul Pogba. “Bagi saya favorit utama adalah Prancis karena mereka memiliki banyak pemain, banyak bakat," kata Puyol, dilansir Sportskeeda.

"Mereka adalah tim yang sangat lengkap, mereka telah menjadi juara dan mereka tahu jalannya dengan sempurna," sambungnya.

Menariknya, Puyol tak memprediksi negaranya akan menjadi juara di Piala Dunia 2022. Dia hanya yakin Timnas Spanyol mampu membuat dampak di Piala Dunia Qatar.

"Spanyol, yang saya pikir dapat memainkan peran besar, tetapi saya tidak memberi mereka gelar favorit utama karena saya tidak berpikir mereka harus membawa beban itu," ungkap Puyol.

"Tetapi mereka memiliki sekelompok pemain muda, dengan banyak kualitas, dengan banyak keberanian dan yang lain dengan lebih banyak pengalaman yang juga dapat membantu," lanjutnya.

Ya, Spanyol memang dalam beberapa tahun belakangan ini mengalami penurunan performa. Mereka kalah di semi final Piala Eropa 2020 dari Italia. Kemudian, Spanyol cuma jadi runner-up usai takluk dari Prancis, di pentas UEFA Nations League tahun lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hasil Penelitian

Menurut penelitian Opta Analyst, dalam laporan Give Me Sport, Prancis memang berada di nomor pertama yang diunggulkan menjadi juara Piala Dunia 2022.

Opta Analyst menggunakan model AI untuk menghitung peluang setiap tim untuk memenangkan Piala Dunia 2022.

Mereka telah mensimulasikan hasil turnamen 1000 kali dan memberi peringkat setiap tim dari yang paling kecil kemungkinannya sampai yang paling mungkin menjadi pemenang.

Prancis memiliki peluang 17,93% untuk mempertahankan mahkota mereka dan kemungkinan besar menjadi pemenang turnamen.

Namun, Prancis harus tampil jauh lebih baik daripada yang mereka lakukan di Euro 2020. Dalam turnamen itu, Prancis tersingkir di babak 16 besar.

3 dari 4 halaman

Brasil Kedua

Brasil adalah favorit kedua, dengan Spanyol ketiga. Kemudian Inggris yang mengalami mimpi buruk lantaran tak pernah menang dalam empat laga di UEFA Nations League tetap menjadi unggulan keempat untuk memenangkan turnamen.

Peluang Inggris mencapai 8,03% untuk memenangkan trofi besar pertama mereka dalam 56 tahun terakhir.

Sementara itu, Argentina meskipun dalam performa yang mengerikan dengan tidak terkalahkan dalam 33 pertandingan dan telah memenangkan dua gelar pada tahun lalu, mereka hanya favorit kedelapan.

Sementara tim Portugal yang diperkuat megabintang Manchester United, Cristiano Ronaldo adalah favorit kesembilan.

Senegal adalah tim Afrika yang paling mungkin memenangkan Piala Dunia tetapi hanya diberi peluang 0,19%.

Sementara tiga tim tidak diberi harapan apa pun untuk mengangkat Piala Dunia: Kamerun, Kosta Rika, dan Arab Saudi.

4 dari 4 halaman

Prediksi Ronaldinho

Berbeda dengan Puyol, legenda Timnas Brasil optimistis jika negaranya bisa menjai juara Piala Dunia 2022. Keyakinan eks Barcelona tersebut tak lepas dari target tinggi yang selalu ditetapkan setiap kali mengikuti Piala Dunia.

"Saya percaya Brasil pasti menang (juara)," ucap Ronaldinho di Jakarta, Senin 27 Juni 2022.

Lebih lanjut, Ronaldinho mengatakan Brasil juga tidak pernah kehabisan pemain-pemain berkualitas.

Tahun ini, Brasil memiliki pemain bintang seperti Neymar, Casemeiro, Gabriel Jesus, Vinicius Jr hingga Fabinho. Kemudian dikolaborasikan dengan pemainsenior seperti Thago Silva.

"Sangat banyak pemain sepak bola bagus. Saya percaya banget (Brasil bisa juara)," ucap Ronaldino yang pernah membawa Brasil juara Piala Dunia 2002 itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.