Sukses

Bola Ganjil: Identitas Pasaran di Lapangan Hijau, Ada 15 Pemain Bernama Robert Smith

Liputan6.com, Jakarta - Nama menjadi identitas utama untuk membedakan individu. Rubrik Bola Ganjil pada Kanal Bola Liputan6.com sudah menceritakan berbagai kisah unik tentang ini.

Ada turnamen sepak bola junior di Brasil yang menghadirkan pemain muda dengan identitas bintang masa lalu.

Sebanyak 15 remaja bernama Romario berpartisipasi di Copa Sao Paulo edisi 2012. Sosok yang dirujuk jelas Romario de Souza Faria, striker legendaris Brasil yang mencatat prestasi di Eropa bersama PSV Eindhoven dan Barcelona.

Romario bukan satu-satunya inspirasi orang tua peserta ajang tersebut. Buktinya, ada pemain bernama Rudigullithi da Silva Henrique, Lynneeker Nakamuta Paes de Albuquerque, Raikard dos Santos Soares, hingga Roberto Baggio Araujo Bastos.

Dari identitas tersebut jelas siapa rujukan bintang masa lalu. Mulai Ruud Gullit, Gary Lineker, Frank Rijkaard, dan Roberto Baggio.

Namun, inspirasi nama pemain sepak bola juga datang dari tokoh bidang lain, terutama mereka yang berkecimpung di politik. Contoh paling tenar adalah Cristiano Ronaldo. Megabintang asal Portugal itu dinamakan dari mantan presiden Amerika Serikat Ronald Reagan.

"Kedua orang tua saya menyukai nama itu dan menilainya kuat. Ayah saya mengidolainya," kata Ronaldo dilansir GQ.

Di Kosta Rika, hadir Yeltsin Tejeda yang mengadopsi eks presiden Rusia Boris Yeltsin. Rusia yang menjadi reinkarnasi Uni Soviet memang memiliki banyak tokoh populer.

Lenin Steenkamp, Lenin Porozo, Stalin Rivas, dan Stalin Motta adalah pemain yang dinamakan berdasar pemimpin kawasan tersebut. Eks pemain Timnas Brasil U-20 Marx Lenin bahkan mengadopsi dua figur penting dalam sejarah Karl Marx dan Vladimir Ilyich Ulyanov.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Nama Pasaran

Kini Bola Ganjil menghadirkan nama pasaran pada sepak bola. Ada enam pemain bernama Paul Williams yang pernah meniti karier profesional di lapangan hijau.

Yang paling terkenal, Paul Williams (kelahiran 1965) adalah seorang penyerang yang pernah memperkuat Charlton Athletic, Sheffield Wednesday, dan Crystal Palace. PW kedua (kelahiran 1969) mengisi posisi bek yang membela Stockport County dan Plymouth Argyle.

PW ketiga (kelahiran 1970) mengibarkan panji Sunderland, Swansea City, dan Doncaster Rovers. PW keempat (kelahiran 1971) sempat bernaung di Derby County dan Coventry City.

PW kelima (kelahiran 1963) membela Stockport County, West Bromwich Albion, dan Rochdale. Sementara PW keenam (kelahiran 1962) tercatat paling kurang beruntung karena kurang berhasil dan cuma sekali memperkuat Chelsea sekali pada 1980-an.

 

 
 
3 dari 3 halaman

15 Robert Smith

Juga ada enam Paul Robinson yang pernah berkarier di sepak bola. Sementara delapan Paul Smith bermain melintasi Inggris dan Skotlandia.

Dari Amerika Tengah dan Latin, ada 13 pemain bernama Luis Hernandez. Salah satunya merupakan striker ganas asal Meksiko yang membuat 35 gol pada pentas internasional.

Sementara rekor nama paling pasaran di sepak bola adalah Robert Smith dengan 15 sosok. Salah satunya (kelahiran 1933) merupakan pahlawan Tottenham Hotspur saat jadi juara Inggris 1961.