Sukses

Saingi Barcelona, MU Ikut Buru Tanda Tangan Robert Lewandowski

Manchester United ikut meramaikan perburuan tanda tangan Robert Lewandowski. Klub yang ditukangi oleh Erik ten Hag itu mulai mempertimbangkan skenario mengontrak Lewy, usai target incarannya Darwin Nunez merapat ke rival Liga Inggris Liverpool.

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa Liga Inggris Manchester United (MU) menambah panas perburuan tanda tangan Robert Lewandowski. Klub yang bermarkas di Old Trafford itu kabarnya siap bersaing dengan klub lain demi menyewa jasa mesin pencetak gol asal Polandia.

Lewandowski sejatinya masih terikat kontrak dengan Die Roten hingga Juni 2023. Kendati demikian, eks penggawa Borussia Dortmund telah menyatakan keinginannya untuk hengkang dari Bayern Munchen pada musim panas.

Adapun Lewandowski belakangan mulai dikaitkan dengan kepindahan ke Barcelona. Laporan Daily Star menyebut sang raksasa Catalan merupakan tujuan impian bagi pemain berusia 33 tahun tersebut. Akan tetapi, kondisi keuangan bisa menghambat rencana Barcelona untuk memboyong Lewandowski ke Camp Nou.

Pasalnya, Bayern Munchen mematok harga tinggi bagi klub yang meminati jasa sang bintang. Juara Bundesliga musim lalu itu menginginkan 40 juta poundsterling sebagai mahar kepergian Lewandowski. Angka ini tergolong mahal bagi Barcelona yang tengah dilanda krisis finansial.

Presiden La Liga Javier Tebas menilai Barcelona tak punya peluang untuk menyegel kesepakatan sebesar itu tanpa melanggar aturan keuangan yang ditetapkan di Spanyol. Skuad asuhan Xavi Hernandez perlu melepas sejumlah pemain jika ingin mendatangkan penggawa baru.

Lewandowski sendiri tak memberi banyak komentar soal kemungkinan transfernya ke Barcelona. Walau begitu, pemain internasional Polandia menegaskan kariernya di Allianz Arena sudah berakhir.

“Apakah saya optimistis soal penandatanganan (kontrak) di Barca? Ity pertanyaan besar. Saya tidak suka berada dalam situasi ini. Yang pasti saat ini adalah karier saya di Bayern sudah berakhir,” ungkap Lewandowski, seperti dilansir dari Mirror.

“Saya tidak melihat peluang untuk melanjutkan karier di klub ini. Mari kita lihat apa yang bisa kami lakukan dalam dua minggu ke depan. Saya tidak ingin melanjutkan di klub dan saya ingin fokus pada Polandia,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tujuan Alternatif

Manchester United bisa menjadi tujuan alternatif bagi Lewandowski usai berpisah dengan Bayern Munchen. Klub yang ditukangi oleh Erik ten Hag itu nampak mampu membayar biaya transfer yang diinginkan Die Roten.

Setan Merah siap memberi dana 120 juta poundsterling bagi sang pelatih anyar, untuk dibelanjakan pada bursa transfer musim panas. Jumlah ini masih akan ditambah uang tunai yang didapat dari hasil penjualan pemain.

Sebagai informasi, Ten Hag diketahui tengah berupaya meningkatkan opsi di lini serang MU. Juru taktik berkepala plontos itu semula menetapkan pemain Uruguay Darwin Nunez sebagai target utamanya di jendela transfer.

Adapun Nunez memang memiliki performa gemilang di level klub. Pemain berusia 22 tahun tersebut sukses mencetak 34 gol dalam 41 pertandingan bersama Benfica musim lalu. Tak heran jika jasanya diminati Erik ten Hag di Old Trafford.

Sayangnya, rencanya eks pelatih Ajax kemungkinan gagal terealisasi lantaran sang pemain dikabarkan makin dekat dengan kepindahan ke rival Liga Inggris Liverpool, melalui kesepakatan senilai 85 juta poundsterling.

Kondisi ini membuat MU harus mencari penggawa lain. Laporan The Sun menyebut Robert Lewandowski diidentifikasi sebagai salah satu incaran potensial di bursa transfer musim panas.

3 dari 3 halaman

Pesaing Lain

Barcelona bukanlah satu-satunya pesaing MU dalam perburuan tanda tangan Robert Lewandowski. Chelsea baru-baru ini juga diklaim tengah mempertimbangkan peluang untuk mendatangkan mesin pencetak gol Bayern Munchen ke Stamford Bridge.

Dilansir dari Liputan6.com pada akhir bulan lalu, The Blues ingin mempertajam lini serang mereka. Thomas Tuchel menilai kegagalan Chelsea menyaingi Liverpool dan Manchester City di Liga Inggris disebabkan oleh kurangnya gol dari kubu The Blues.

Romelu Lukaku memang tak terlalu moncer saat menjalani periode keduanya di Stamford Bridge. Sang pemain asal Belgia hanya mampu mengoleksi delapan gol liga untuk Chelsea sepanjang musim 2021/2022.

Di sisi lain, Mason Mount menjadi satu-satunya penggawa yang berhasil mencetak gol dua digit bagi skuad asuhan Tuchel. Namun, catatan itu masih belum cukup untuk menyaingi torehan poin dua pesaingnya.

“Ada banyak pilihan. (Namun) jumlah gol yang kami hasilkan dari para penggawa lini serang saat ini tidak memungkinkan kami untuk tampil maksimal. Kami butuh kinerja lebih jika ingin mendekati dua tim teratas (Manchester City dan Liverpool),” ujar Tuchel kala itu.

Akibat hal ini, dewan klub mulai memikirkan peluang untuk mendapatkan tanda tangan Lewandowski. Pesepak bola 33 tahun itu dikenal ganas di depan gawang. Ia sukses menyabet predikat top skor Bundesliga musim lalu, setelah mengoleksi 35 gol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.