Sukses

Bola Ganjil: Kegemaran Ronaldo Koleksi Juara Benua

Liputan6.com, Jakarta - Banyak hal istimewa dari karier Ronaldo Luis Nazario de Lima di lapangan sepak bola. Semua berkat kepiawaiannya merobek gawang lawan.

Berbagai gelar pun ditorehkannya. Dia menjadi salah satu nama yang masuk kelompok elite menjuarai Piala Dunia lebih dari sekali kala jadi bagian tim Brasil 1994 dan 2002.

Ronaldo juga menggoreskan sejumlah rekor. Sosok kelahiran Rio de Janeiro ini pernah bertengger di puncak daftar top skor sepanjang masa Piala Dunia.

Ronaldo membukukan 15 gol dalam 19 pertandingan. Dia akhirnya harus merelakan capaian itu ke striker Jerman Miroslav Klose yang menggesernyya tahun 2014.

Kualitas-kualitas tersebut membuat Ronaldo banjir tawaran dari klub-klub raksasa. Namun, Ronaldo memiliki syarat yang terlihat jelas dari pilihannya.

 

Ronaldo hanya mau membela juara benua. Tercatat ada enam nama yang disinggahinya. Dimulai dari klubnya tempat mengawali karier profesional, Cruzeiro, tahun 1993.

Mereka menjuarai Copa Libertadores pada 1976, sebelum ditambah tahun 1997. Klub Ronaldo selanjutnya adalah PSV Eindhoven (1994-1996), Barcelona (1996-1997), Inter Milan (1997-2002), Real Madrid (2002-2007), dan AC Milan (2007-2008).

Seluruh klub tersebut pernah merajai Piala/Liga Champions sebelum Ronaldo bergabung.

Jumlah koleksi juara benua Ronaldo sebenarnya bisa bertambah menjadi tujuh. Sayang, Corinthians yang diperkuatnya pada 2009-2011 saat itu belum memenangkan Copa Libertadores. Klub berbasis Sao Paulo tersebut baru berkuasa setahun usai Ronaldo gantung sepatu.

Namun, ketika itu Ronaldo barangkali tidak bisa memilih. Berada di ambang karier dan mulai sering absen akibat cedera yang diderita akibat tekel keras lawan, dia hanya dapat menerima pinangan siapa yang menawarkan. Kala itu Corinthians merupakan opsi terbaik.

 

2 dari 3 halaman

Coutinho Mengikuti

Philippe Coutinho menyamai torehan Ronaldo usai bergabung dengan Aston Villa pada bursa transfer musim dingin 2022. Sebelumnya dia membela Inter Milan, Vasco da Gama, Liverpool, Barcelona, dan Bayern Munchen.

Seperti Ronaldo, Coutinho juga memiliki noda di resumenya karena memperkuat satu klub non-juara benua. Dia merasakannya kala memperkuat Espanyol.

 

3 dari 3 halaman

Davids dan Ibrahimovic

Ada sejumlah pemain yang memiliki karier seperti Ronaldo dan Coutinho. Zlatan Ibrahimovic bermain di enam klub juara benua yakni Ajax Amsterdam, Juventus, Inter Milan, Barcelona, AC Milan, dan Manchester United.

Meski unggul jumlah ketimbang duo Brasil itu, Ibrahimovic kalah karena lebih banyak merantau ke tempat yang belum pernah berjaya di kontinental. Dia sempat membela Malmo FF, Paris Saint-Germain, dan LA Galaxy.

Begitu pula Edgar Davids (Ajax Amsterdam, AC Milan, Juventus, Barcelona, dan Inter Milan). Dia 'ternoda' karena memperkuat Tottenham Hotspur, Crystal Palace, hingga Barnet.