Sukses

Manchester City Dekati Erling Haaland, Legenda Arsenal: Mending Harry Kane!

Liputan6.com, Jakarta - Manchester City tertarik mengontrak bomber Borussia Dortmund Erling Haaland. Klub yang ditukangi oleh Pep Guardiola itu bahkan rela menggaji Haaland dengan jumlah fantastis.

Laporan CBS Sport mengeklaim The Citizens bakal membayar jasa Haaland seharga 500 ribu poundsterling per pekan, atau setara dengan kurang lebih Rp9,3 miliar. Angka tersebut akan membawa Haaland masuk ke jajaran pemain dengan gaji tertinggi di Liga Inggris.

Menurut rumor yang beredar, Manchester City telah mencapai kesepakatan pribadi dengan Haaland dan agennya. Klub yang berada di puncak klasemen sementara Liga Premier itu hanya perlu meluluhkan hati Die Borussen demi memastikan kepindahan Haaland ke Etihad.

Haaland memang merupakan salah satu pemain paling diincar di kancah sepak bola dunia saat ini. Kepiawaiannya di lapangan hijau terlihat dari jumlah gol yang dibukukannya. Pemain asal Norwegia itu sukses membobol gawang lawan 25 kali dari total 26 pertandingan musim ini.

Meski demikian, legenda Arsenal sekaligus pakar Sky TV Paul Merson tak setuju dengan langkah yang diambil Manchester City. Ia menilai skuad besutan Guardiola harusnya berupaya merekrut Harry Kane ketimbang Erling Haaland.

Merson khawatir Haaland bakal mengalami situasi yang sama dengan Romelu Lukaku di Chelsea. Eks pemain berusia 54 tahun itu menganggap Haaland mungkin tidak cocok dengan gaya permainan The Citizens.

Sebagai informasi, Romelu Lukaku baru saja hijrah ke Stamford Bridge pada Agustus 2021 lalu. Ia dipulangkan dari Inter Milan dengan mahar senilai 97 juta poundsterling. Sayangnya, Lukaku belum mampu menduplikasi performa apiknya bersama Nerazzurri. Laporan Mirror menyebut pemain asal Belgia itu baru berhasil mencetak lima gol di Liga Premier.

2 dari 4 halaman

Komentar Paul Merson

“Penandatanganan Erling Haaland oleh City tak akan membuat mereka (menjadi klub yang) tak terbendung–saya lebih suka mereka mendatangkan Harry Kane. Kane adalah pemain yang lebih baik menurut saya,” tulisnya dalam Daily Star, seperti dilansir dari Mirror.

“Haaland (memang) secepat kilat, tetapi Kane merupakan pemain serbaguna yang sudah terbukti di liga ini, dan Anda tahu dia (Kane) akan membawa kesuksesan bagi Anda,” sambung mantan penggawa internasional Inggris tersebut.

Lebih lanjut, Paul Merson tak menampik soal kecepatan dan penyelesaian apik yang dimiliki Haaland. Akan tetapi, ia ragu sang pemain mampu tampil maksimal di Etihad. Merson menilai Haaland bisa saja memiliki masalah yang sama dengan Romelu Lukaku.

“Mereka berdua (Haaland dan Lukaku) adalah pemain yang membutuhkan ruang untuk menyerang. Di Chelsea dan City, hal itu sama sekali tidak ada. (Kondisi) ini tak akan mudah bagi Haaland. Ia mungkin berpikir dirinya bisa mencetak 30 gol untuk mereka (City) dengan mudah. (Akan tetapi), saya tidak begitu yakin,” ungkap Merson.

3 dari 4 halaman

Bukan Pemain Murah

Haaland bukanlah pemain murah. Meski baru berusia 21 tahun, eks pemain Red Bull Salzburg itu telah mencatatkan rekor dan performa apik bersama klubnya. Ia pun memiliki klausul pelepasan senilai 63 juta poundsterling di Borussia Dortmund.

Sejumlah tim papan atas diketahui telah menunjukkan minatnya terhadap Haaland. Real Madrid, Barcelona, dan Paris Saint-Germain (PSG) merupakan sederet klub yang sempat dikaitkan dengan pemain internasional Norwegia itu. Raksasa Liga Inggris Chelsea dan Manchester United (MU) pun dulunya tertarik mendatangkan Haaland.

Dilansir dari Metro, klub mana saja sejatinya bisa bergerak memicu klausul pelepasan Haaland. Akan tetapi, kesepakatan kontrak yang ditawarkan Manchester City saat ini membuatnya berada di posisi terdepan untuk mengamankan tanda tangan sang pemain.

Adapun kontrak Haaland dengan Borussia Dortmund masih berlangsung hingga Juni 2024. Daily Mail mengeklaim pihak klub nampaknya berharap Erling Haaland sudi memperpanjang kontrak selama satu tahun. Meski demikian, Manchester City cukup percaya diri dengan potensi transfer sang pemain.

4 dari 4 halaman

Tanggapan Pep Guardiola

Bos Manchester City Pep Guardiola enggan memberi banyak komentar mengenai potensi kepindahan Erling Haaland ke Etihad. Manajer asal Spanyol itu juga mengaku belum berpikir soal musim depan.

“Tidak ada jawaban untuk pertanyaan Anda (terkait Haaland). Saya tidak punya kekhawatiran soal apa yang (akan) terjadi dengan klub ini musim depan,” ujar Guardiola beberapa waktu lalu, seperti dilansir dari Liputan6.com.

Lebih lanjut, Guardiola mengaku skuad asuhannya sudah terbiasa bermain tanpa striker murni. Oleh karena itu, ia menolak membahas soal transfer Haaland di tengah pertandingan musim ini.

"Kami bermain tanpa striker. Saya tidak tahu apa yang terjadi di masa depan. Sejak bertahun-tahun, saya tidak pernah berbicara soal transfer terutama ketika kami masih bermain di musim ini," pungkas pelatih berusia 51 tahun itu.