Sukses

Pep Guardiola Tolak Bicara Transfer Erling Haaland ke Manchester City

Liputan6.com, Manchester - Manajer Manchester City Pep Guardiola menolak untuk berbicara tentang prospes mendatangkan Erling Haaland ke Etihad Stadium. Striker Borussia Dortmund Haaland memiliki klausul rilis seharga 63 juta pounds atau sekitar Rp 1,18 triliun dalam kontraknya.

Sejumlah tim papan atas telah menujukkan minatnya kepada Erling Haaland. Real Madrid dan Paris Saint-Germain (PSG) sempat dikaitkan dengan pemain berkebangsaan Norwegia ini.

Raksasa Liga Inggris Chelsea dan Manchester United juga dikabarkan tertarik mendatangkan penyerang berusia 21 tahun tersebut. Selain itu, Manchester City juga telah dikaitkan dengan Haaland.

Namun, saat ditanya mengenai kelanjutan Manchester City terkait kesepakatan mendatangkan Haaland, Guardiola tidak punya jawaban atas hal tersebut. 

"Saya tidak punya jawaban atas pertanyaan Anda," kata juru taktik asal Spanyol itu seperti dilansir Reuters. “Saya tidak khawatir tentang apa yang akan terjadi di klub ini musim depan.”

"Kami bermain dengan striker bagus dan selama bertahun-tahun saya tidak pernah berbicara tentang transfer, terutama ketika kami bermain untuk musim ini," ucap Guardiola menambahkan.

Simak klasemen Liga Inggris di halaman berikutnya.

2 dari 3 halaman

Penggemar Berat Harry Kane

Pada kesempatan yang sama, Guardiola juga berbicara berulang kali bahwa dia menginginkan Harry Kane dari Tottenham Hotspur di musim panas lalu. Namun, dia gagal mendapatkannya striker timnas Inggris tersebut. 

Fakta bahwa pemain berusia 28 tahun tersebut masih memiliki dua tahun tersisa di kontraknya dengan Tottenham. Dan secara finansial, menandatangani Haaland sekarang lebih masuk akal. 

Haaland berhasil meningkatkan reputasinya di musim ini dengan 25 gol dalam 26 penampilan untuk Dortmund. Ini termasuk dua gol yang dicetak Haaland saat Dortmund mengalahkan Wolfsburg 6-1 dalam lanjutan Bundesliga Jerman.

3 dari 3 halaman

Haaland di Borussia Dortmund

Erling Haaland sempat membela Red Bull Salzburg pada 2019. Kepiawaiannya di lapangan hijau menjadi semakin tidak terbendung setelah dirinya mencatatkan kepindahan menuju raksasa Bundesliga Borussia Dortmund pada 2020. 

Secara keseluruhan, dia telah mencetak 82 gol dalam 85 pertandingan sejak bergabung dengan tim Bundesliga dari Red Bull Salzburg pada Desemer 2019. 

Striker kelahiran tahun 2000 itu juga berhasil membukukan 15 gol dalam 17 pertandingan di level internasional. Tak heran jika striker asal Norwegia ini bertransformasi menjadi salah satu pemain paling dicari di kancah sepak bola dunia. 

Kedatangan Erling Haaland tak pelak bakal menyebabkan perubahan radikal dalam skuad Manchester City. Pasalnya, The Citizens kerap bermain tanpa penyerang tengah dalam sejumlah pertandingan musim ini. 

Penulis: Jesslyn Koesman