Sukses

Piala AFF 2020: Vietnam Khawatirkan Perombakan Timnas Indonesia ala Shin Tae-yong

Liputan6.com, Jakarta- Pelatih Vietnam Park Hang-seo tak mau menganggap remeh timnas Indonesia saat bertemu di lanjutan Grup B Piala AFF 2020 pada Rabu (15/12/2021) di Bishan Stadium, Singapura.

Pertemuan Indonesia dengan Vietnam sangat penting menentukan siapa yang akan lolos ke semifinal Piala AFF 2020. kedua tim sama-sama memetik poin sempurna enam di dua laga awal Piala AFF 2020.

Pentingnya laga melawan Indonesia membuat Vietnam melakukan persiapan maksimal. Hang-seo mengkhawatir perombakan di timnas Indonesia pada Piala AFF 2020.

Pasalnya pada Piala AFF 2020, Shin Tae-yong melakukan perubahan radikal pada komposisi pemain. Banyak muka baru di timnas Indonesia yang bahkan baru merasakan debut di Piala AFF.

“Indonesia adalah tim yang berbeda dari yang kami lawan di kualifikasi Piala Dunia FIFA pada bulan Juni. Pelatih Shin telah mengatur ulang tim dan sekarang mereka bermain jauh lebih melebar, ”kata Hang-seo seperti dikutip dari situs resmi AFF.

2 dari 3 halaman

Berubah

Pada pertemuan terakhir kedua tim di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Vietnam berhasil mencukur Indonesia empat gol tanpa balas.

Namun komposisi pemain timnas Indonesia saat ini hampir berubah 50 persen dibandingkan saat kalah 0-4 dari Vietnam. Kini ada pemain-pemain baru seperti Irfan Jaya, Ramai Rumakiek, Ricky Kambuaya, Alfeandra Dewangga, Ezra Wallian hingga Elkan Baggott.

3 dari 3 halaman

Perbaiki Pertahanan

Perubahan mencolok timnas Indonesia membuat Vietnam cukup khawatir. Hang-seo pun meminta anak asuhnya lebih meningkatkan performa terutama di lini belakang.

“Jelas besok kami harus meningkatkan pertahanan kami seperti di dua pertandingan pertama, kami tidak benar-benar diuji. Untuk pertanyaan apakah Indonesia akan keluar dalam mode menyerang besok, saya mengatakan bahwa mereka dipersilakan karena kami akan siap," lanjut Hang-Seo.