Sukses

COVID-19 Guncang MU dan Aston Villa, Premier League Siaga Tingkat Tinggi

Liputan6.com, Jakarta Kasus COVID-19 yang merebak di sejumlah klub membuat penyelenggara Liga Inggris waspada. Sejauh, setidaknya sudah tiga klub termasuk Manchester United atau MU yang diguncang wabah. 

Sejumlah kasus telah ditemukan di skuat MU sepulang dari lawatan ke markas Norwich. Hasil tes yang dilakukan di lokasi latihan MU di Carrington menemukan sejumlah pemain dan staf positif COVID-19.

Akibat kejadian ini, pertandingan melawan Brentford yang seharusnya berlangsung Selasa (14/12/2021) waktu sempat, terpaksa ditunda. MU telah mengumumkan keputusan tersebut.   

"MU bisa mengonfirmasi laga Liga Inggris melawan Brentford pada Selasa 14 Desember harus ditunda dan akan dijadwal ulang," demikian pernyataan resmi MU.

"Dari tes PCR yang dilakukan, ditemukan kasus positif covid-19 pada staf dan pemain tim utama. Hal ini memerlukan pemantauan selanjutnya," MU menambahkan.

 

2 dari 3 halaman

Klub Lainnya

Sebelumnya, kasus COVID-19 juga meningkat di skuat Tottenham Hotspur. Setidaknya delapan pemain dan sejumlah staf dinyatakan terjangkit penyakit yang sudah dua tahun menyebabkan pandemi itu. 

Merebaknya wabah di Spurs juga membuat sejumlah pertandingan terpaksa dihentikan, termasuk melawan Rennes di Europa Confrence League dan Brighton di Liga Inggris terpaksa ditunda. Selain MU dan Tottenham, satu klub lainnya yang ikut terserang wabah  COVID-19 adalah Aston Villa. 

Tottenham sepertinya sudah diizinkan untuk mempersiapkan diri menghadapi pertandingan melawan Leicester City pada Kamis ini. Hanya saja, kepastian duel ini tetap bergantung dari izin otoritas kesehatan Inggris. 

 

3 dari 3 halaman

Premier League Waspada

Merebaknya COVID-19 di tim-tim Liga Inggris membuat pusing penyelenggara Liga Inggris. Sebab bukan tidak mungkin penularan akan terus meluas ke klub-klub lainnya.

Bila hal ini terjadi, maka dipastikan penundaan pertandingan juga ikut bertambah. Padahal menurut laporan Marca, jadwal laga yang ada saat ini sedang padat-padatnya, terutama di bulan Desember. 

Piala Dunia 2022 yang berlangsung November mendatang juga membuat Premier League sulit molor. 

Premier League sepertinya tidak punya banyak skenario untuk mengantisipasi hal ini. Dan bila semakin meluas, pertandingan kemungkinan bakal semakin banyak yang berlangsung di tengah pekan.

Premier League sendiri baru saja mencatatkan rekor baru peningkatan kasus COVID-19 pada tahun ini. Dari 3.805 tes yang dilakukan pada periode 6-12 Desember, telah ditemukan setidaknya 42 orang positif COVId-19. Jumlah ini lebih banyak dibanding jumlah kasus (40) yang ditemukan Januari lalu.  

"Keamanan semua orang jadi prioritas dan kami mengambil semua langkah pencegahan sehubungan peningkatan kasus Covid-19 baru-baru ini di seluruh negeri," bunyi pernyataan Premier League. 

"Liga telah kembali ke Aturan Daruratnya, dan akan meningkatkan frekuensi Tes Aliran Lateral dan PCR terhadap pemain dan staf," Premier League menambahkan. 

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United
  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.
    MU
  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China
    COVID-19
  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar
    Liga Inggris
  • Premier League