Sukses

Ernesto Valverde Opsi Baru Manajer Anyar Manchester United

Liputan6.com, Manchester- Manchester United dilaporkan telah menggelar pembicaraan dengan mantan pelatih Barcelona, Ernesto Valverde soal kemungkinan menjadi manajer interim mereka untuk menggantikan Ole Gunnar Solskjaer yang dipecat akhir pekan lalu.

Mengutip laporan BBC, pelatih asal Spanyol itu disebut-sebut sudah dihubungi Manchester United. Eks pelatih Barcelona ini akan ditunjuk sebagai pelatih caretaker Manchester United hingga akhir musim 2021-2022.

Ernesto Valverde akan ditunjuk sebagai pelatih sementara setelah Manchester United kesulitan mendapatkan Mauricio Pochettino dari Paris Saint-Germain (PSG).

"Manchester United telah menghubungi mantan bos Barcelona Ernesto Valverde untuk peran pelatih sementara," tulis BBC pada Rabu, (24/11/2021).

Ketertarikan manajemen Manchester United terhadap Ernesto Valverde bukan tanpa sebab. Pola kepelatihannya dinilai cocok dengan keinginan petinggi Manchester United yang ingin melihat skuadnya bermain dari kaki ke kaki.

 

2 dari 4 halaman

Berstatus Tanpa Klub

Valverde kini berstatus tanpa klub setelah membawa Barca meraih gelar La Liga pada 2018, sebelum dirinya hengkang pada Januari 2020.

Melansir laporan ESPN, nama Valverde disebut-sebut muncul sebagai salah satu bidikan Setan Merah bersama dengan eks juru latih Borussia Dortmund, Lucien Favre dan bekas nahkoda RB Leipzig, Ralf Rangnick.

Rangnick, yang sekarang bekerja di Lokomotiv Moskwa, secara pribadi mengisyaratkan enggan menerima tawaran United sebagai manajer sementara, tapi tidak dengan Valverde yang bersedia membuka komunikasi.

Setelah kepergian Solskjaer, Michael Carrick ditugaskan untuk menangani tim sementara ini, dan meski pun mampu memenangkan pertandingan pertamanya 2-0 atas Villarreal di Liga Champions, Rabu (24/11), United tetap mencari manajer yang lebih berkompeten.

 

3 dari 4 halaman

Pochettino Menjadi Target Utama Manchester United

Mauricio Pochettino sebenarnya adalah target utama United untuk kursi kepelatihan secara permanen, namun mantan bos Tottenham Hotspur masih terikat kontrak dengan Paris Saint-Germain hingga 2023 setelah menandatangani perpanjangan di musim panas.

Pochettino kabarnya tertarik untuk menjabat di Old Trafford. Juru taktik asal Argentina itu akan berkunjung ke Manchester untuk pertandingan Liga Champions antara Manchester City dan PSG di Etihad Stadium, Kamis (25/11) dini hari WIB.

Ditanya mengenai rumor United, Pochettino tetap bungkam sembari mengatakan: "Saya sangat fokus pada sepakbola. Saya bukan anak kecil, saya bukan bocah; Saya menghabiskan seluruh hidup saya bermain sepakbola dan sekarang 12 tahun menjadi pelatih, kami berada dalam bisnis dan desas-desus ada di sana."

"Saya benar-benar mengerti apa yang sedang terjadi - terkadang itu positif atau terkadang negatif, tetapi hal semacam ini tidak boleh mengalihkan perhatian saya."

"Apa yang dilakukan klub lain bukanlah urusan saya, dan saya tidak mau salah berbicara. Segalanya menjadi disalahpahami dan di luar konteks."

Penulis: Rafi Abdul Rochim

4 dari 4 halaman

Klasemen Sementara Liga Inggris